-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo Melakukan Penanaman 4000 Pohon Mangrove di Pantai Bahak

Probolinggo, lintasone com - Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo melakukan penanaman 4000 pohon mangrove di Pantai Bahak Desa Curah Dringu Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo, Kamis (5/8/2021).

Kegiatan yang melibatkan sebanyak 25 orang kelompok masyarakat pesisir ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia tahun 2021 di Kabupaten Probolinggo.

Penanaman mangrove ini diawali dengan penyerahan pohon mangrove secara simbolis kepada masyarakat setempat oleh Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman mangrove secara simbolis.

Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap upaya pelestarian ekosistem mangrove.

“Selain itu untuk memulihkan dan merehabilitasi lahan pesisir melalui kegiatan menanam pohon secara massal oleh masyarakat,” katanya.

Joko menerangkan, penanaman mangrove serentak merupakan upaya pelestarian ekosistem mangrove juga untuk merehabilitasi kembali lahan pesisir.

“Pelestarian ekosistem mangrove akan mendukung ekonomi biru. Ekonomi biru (blue economic) adalah pemanfaatan berkelanjutan sumber daya laut untuk pertumbuhan ekonomi meningkatkan mata pencaharian dan pekerjaan serta kesehatan ekosistem laut,” jelasnya.

Menurut Joko, penanaman mangrove ini dilakukan dalam rangka penyelamatan pantai dan sebagai upaya untuk merehabilitasi lahan dan pelestarian ekosistem di wilayah pesisir Kabupaten Probolinggo.

“Kampanye gerakan penanaman mangrove diharapkan dapat mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk lebih mencintai lingkungan dengan menanam mangrove,” terangnya.

Lebih lanjut Joko menegaskan penyebab kerusakan hutan mangrove sebagian besar berasal dari aktivitas manusia, terutama akibat konversi lahan untuk budidaya perikanan dan pertambakan yang merugikan lingkungan. “Hal tersebut masif dimana-mana sehingga mengikis kawasan mangrove,” tambahnya.

Joko menambahkan sepanjang pesisir garis pantai saat ini juga terancam oleh meningginya air laut akibat perubahan iklim. Meningginya air laut ini telah mengakibatkan erosi dan abrasi.

“Sebagai salah satu upaya efektif untuk mengantisipasi kemungkinan abrasi, penurunan permukaan tanah dan rehabilitasi daerah-daerah dekat pantai adalah melakukan penanaman mangrove,” pungkasnya (Rohim)

0 Response to "Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo Melakukan Penanaman 4000 Pohon Mangrove di Pantai Bahak"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Hari Bhayangkara Ke-78

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel