-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

TPS3R Trisula Upaya Kelola Sampah Secara Mandiri

Lumajang, www.lintasone.com - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq meresmikan Tempat Pengolahan Sampah - Reduce Reuse Recycle (TPS3R) Trisula Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Rabu (22/9).

Konsep TPS3R diharapkan bupati menjadi salah satu konsep untuk melakukan pengelolaan sampah yang tidak hanya sekedar mengelola sampah, melainkan juga untuk menambah penghasilan masyarakat.

"Kita melakukan pemberdayaannya, kalau nanti konsep ini sambung, tidak hanya soal peningkatan pelayanan masyarakat tapi juga menjadi income ekonomi yang didapatkan," ungkapnya.

Bupati optimis, TPS3R yang berada di Desa Senduro mampu dimaksimalkan masyarakat seperti halnya TPS3R yang sudah ada di beberapa daerah lain.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Yuli Harismawati melaporkan, saat ini pihaknya tengah melakukan upaya pengolaan samaph dengan mendorong partispasi masyarakat dengan pengolaan sampah secara mandiri.

"Harapnnya menjadi desa mandiri sampah," ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa TPS3R Trisula merupakan bantuan dari Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur pada Tahun 2021 yang diharapkan mampu mengelola sampah di kawasan Senduro dan sekitarnya. Karena diketahui, Kecamatan Senduro memiliki banyak objek wisata yang pasti ramai dikunjungi wisatawan dan berpotensi menimbulkan banyak sampah.

Di sisi lain, Farid Kepala Desa Senduro mengucapkan terima kasih atas pembangunan TPS3R Trisula di wilayahnya. Ia berupaya melakukan koordinasi bersama 12 Desa lainnya di Kecamatan Senduro untuk membangun kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah demi kesehatan bersama.

"Selalu berkoordinasi dengan 12 desa baik pos wisata yang ada. Kami sudah mengadakan MoU untuk membangun pola pikir masyarakat, gerakan masyarakat demi kesehatan lingkungan dan masyarakat itu sendiri," pungkasnya. (atman)

0 Response to "TPS3R Trisula Upaya Kelola Sampah Secara Mandiri "

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel