-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Dosen Unissula Latih Guru MA Buat Video Pembelajaran

Semarang, lintasone.com -  Dosen Unissula Semarang mengadakan pelatihan pembuatan vidio kepada Guru Madrasah Aliyah (MA) untuk menjadikan media belajar yang kaya dan kuat (powerful), dimana dalam isi vidio bisa menyampaikan pembelajaran secara menarik dan konsisten. 

Dosen Unissula Hartono, S.S, M.Pd dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Ir Sri Mulyono M.Eng dari Prodi Teknik Informatika mengadakan pengabdian masyarakat pada hari Selasa, 22 Januari 2022 kemarin lusa itu, Mereka bekerja sama dengan Musyawarah Guru, Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Madrasah Aliyyah (MA) Kabupaten Demak. Pengabdian berupa pelatihan pembuatan video pembelajaran (VP). Pelatihan dilaksanakan secara luring di MA Negeri Demak Jl. Diponegoro Kota Demak, dan diikuti oleh 29 guru.

Dengan aplikasi edit video Wondershare Filmora, peserta diajari dan didampingi membuat video pembelajaran mulai dari proses instalasi aplikasi, penambahan dan edit gambar, penambahan dan edit suara, penambahan dan edit teks, pengaturan-pengatur lainnya sampai dengan export video sehingga bisa diunggah ke media social youtube atau dibagikan ke siswa melalui WhatsApp.  

Setelah kegiatan luring tersebut, tim pengabdian melakukan pendampingan peserta selama dua pekan yang dilakukan secara daring melalui grup WhatsApp.

Hartono, ketua tim pengabdian menyampaikan bahwa guru seharusnya tidak sekedar memindah kebiasaan mengajar luring ke dalam pembelajaran daring dimana guru dan siswa tidak berada di satu ruang dan guru tidak sepenuhnya bisa mengamati perilaku siswa. Membuat pembelajaran menarik dan mengikat perhatian siswa menjadi isu penting.  Salah satunya dengan penggunaan VP.   

Masih menurut Hartono, latar belakang acara tersebut karena guru diharapkan senantiasa melakukan inovasi agar pembelajaran yang dilakukan menarik, mengikat perhatian siswa (engaging), dan mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Terlebih lagi di saat pandemi, pembelajaran hanya bisa dilakukan secara daring sepenuhnya atau kombinasi antara daring dan tatap muka terbatas. 

Salah satu upaya inovasi yang mendesak adalah inovasi penyajian pembelajaran dari model ceramah di mana guru menjelaskan materi dan siswa mengikuti secara langsung sewaktu (real time and synchronous) ke penyajian materi pembelajaran dalam bentuk video yang bisa digunakan dalam waktu beda (asynchronous).  

Studi menunjukkan bahwa pembelajaran dengan video memiliki banyak kelebihan. Video menjadi media belajar yang kaya dan kuat (powerful) karena bisa menyampaikan isi pembelajaran secara menarik dan konsisten. 

Dengan video, konsep pembelajaran didactic approaches bisa diubah ke dalam constructivist learning yang mana pembelajar bisa mengendalikan pembelajarannya sendiri. Pembelajaran model ini juga lebih mampu mengikat perhatian siswa (engaging)  karena memberi pengalaman indrawi lebih banyak. Peserta didik bisa melihat, mendengar secara bersamaan dan bisa diulang-ulang. 

Sementara itu ketua MGMP Zaenal Abidin SPd MSi sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap kerjasama antara Unissula khususnya Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan MGMP bisa terus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang memberi manfaat kedua belah pihak. 

Kabiro Jawa Tengah: Andreas Sutikno


0 Response to "Dosen Unissula Latih Guru MA Buat Video Pembelajaran"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel