-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

TPA Pakusari Mampu Hasilkan Gas Metan 2 Ton Perhari, Bisa Untuk Satu Kampung

Jember, lintasone.com - Hari daur ulang sedunia  diperingati tiap tanggal 18 Maret . Pada tahun 2022 ini, di peringati oleh Dinas Lingkungan Hudup (DLH) Kabupaten Jember bersama Bank Sampah Induk Jember, Yayasan Sobung Sarka Indonesia, HPAI Jember dan Koperasi Molindo Jaya yang di kemas dalam acara   Festival Daur Ulang. 

Acara ini diisi dengan Bazar Produk daur ulang dan  berbagai macam  pelatihan daur ulang mulai tanggal 14-18 Maret 2022. Acara yang dibuka Bupati Jember dan dihadiri beberapa komunitas pegiat lingkungan, salah satunya Yalidi Jember ini  melihat langsung  bazar produk daur ulang, mesin daur ulang plastik menjadi  BBM dan peternakan Maggot. Selain itu, ada  gas Metan yang di pakai TPA Pakusari untuk memasak air untuk membuat kopi, Senin (14/3/2022).

" Gas Metan di TPA Pakusari bisa di pakai untuk satu kampung karena  potensi gas metan itu sampai 2 ton perhari. Bisa  200 sampai 300 KK masih mampu, gas 3kg bisa sampai 15 hari untuk  satu KK . " Terang Moh. Masbud Pengawas Sampah DLH Jember.

Kendalanya, lanjut Masbud, tinggal mengoptimalkan  sarana prasarana untuk membuat saluran gas metan ke rumah  penduduk. "Optimal, Insya Allah mulai bulan April kita membangun, bulan september sudah bisa dimanfaat oleh seluruh masyarakat yang ada di sekitar TPA Pakusari." Ujarnya.

Terkait Volume sampah yang masuk perhari, menurut  Masbud ada sekitar 187 ton perhari hanya untuk 17 kecamatan yang lain di buang ke 5 TPA yang ada di Jember. Kalau di total seluruhnya mencapai 240 ton perhari.
Saat ini, di TPA Pakusari juga  ada tempat wisata edukasi yang semuanya terbuat dari daur ulang. 

Dengan 184 pemulung, TPA Pakusari  mengelola sampah yang masuk. 
" Kita mitrakan mereka dengan pengepul juga dengan Bank Sampah. Hasil  pulungan mereka dikumpulkan dan  kita beli melalui bank sampah. Alhamdulillah mereka sekarang  sudah menjadi mitra yang bisa mengurangi sampah sampai 7 ton perminggu." Ungkapnya.

Pemilahan dan pemilihan  sampah di bagi 2, yaitu organik dan anorganik. Organik untuk maggot dan yang anorganik ke Bank Sampah.( herry).

0 Response to "TPA Pakusari Mampu Hasilkan Gas Metan 2 Ton Perhari, Bisa Untuk Satu Kampung"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel