-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Serikat Buruh Minta THR Lebaran 2022 Dibayar Penuh Tanpa Potongan

Palangkaraya.lintasone.com - Di tengah dampak gejolak perekonomian akibat naiknya harga barang dan pandemi, kalangan perburuhan meminta agar Tunjangan Hari Raya atau THR Lebaran di tahun 2022 ini diberikan penuh tanpa potongan. 

Selain itu THR ini seharusnya dibayarkan seminggu sebelum hari Idul Fitri tiba.

Presidium Serikat Buruh Nusantara (SBN) Kalteng, Karliansyah, Sabtu (16/04/2022) meminta perusahaan untuk mentaati peraturan pemerintah yang mewajibkan pemberian THR tanpa potongan minimal sebesar minimal upah minimum. 

SBN meminta tidak ada pajak atau potongan tertentu dalam pemberian THR ini. Selain itu SBN juga meminta agar THR ini dibayarkan seminggu sebelum Hari H Idul fitri. SBN juga menuntut adanya denda atau pinalti jika pembayaran THR ini terlambat lebih dari dua hari. 

"Kalangan pengusaha diminta untuk memberikan penjelasan jika tidak sanggup memberikan THR sesuai persyaratan ini", kata Karliansyah.

"Selain itu, SBN Kalteng juga meminta pemerintah pusat dan daerah ikut mendorong pihak perusahaan dan kalangan swasta mengikuti aturan ini", tambahnya.

Sementara itu, seorang praktisi hukum Kalimantan Tengah, Rio Danamore Dau menyebut wajar jika kalangan  buruh meminta haknya sesuai peraturan, pasalnya kalangan buruh ikut terdampak dan terpengaruh gejolak ekonomi belakangan ini akibat naiknya harga BBM, elpiji hingga barang barang lainnya. 

Sebagai praktisi hukum ia mengatakan, perusahaan dapat disengketakan jika melakukan pemotongan atau membayar tidak tepat pada waktu yang disepakati. 

"Jika ada oknum yang mencoba bermain dengan menetapkan beban potongan maka hal ini perlu dipertanyakan dan dimasalahkan secara hukum", kata Rio.

Keinginan dan harapan kalangan buruh untuk mendapatkan hak THR penuh memang bisa dimaklumi akibat kondisi ekonomi terkini dimana hampir semua harga barang sedang mengalami kenaikkan. 

"Keinginan ini haruslah diakomodiasi dan difasilitasi demi kesejahteraan kalangan buruh sebagai salah satu pilar penggerak ekonomi Indonesia", tandas Rio.
(Tomi).

0 Response to "Serikat Buruh Minta THR Lebaran 2022 Dibayar Penuh Tanpa Potongan"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel