-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Ribuan Umat Hindu Melaksanakan Upacara Melasti

Lumajang,  www.lintasone.com - Ribuan umat hindu di berbagai wilayah Kabupaten Lumajang, Minggu (19/3/2023) melaksanakan upacara Melasti di Pesisir Pantai Watu Pecak. 

Memasuki Tahun Baru Saka 1945 umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Rabu (22/3). Terlihat  umat Hindu berpakaian adat melakukan upacara Melasti.

Untuk menciptakan rasa aman dan nyaman saat Umat Hindu dari berbagai daerah melaksanakan kegiatan melasti dalam rangka Hari Raya Nyepi tahun caka 1945, porsenil Polisi melaksanakan pengamanan di Pantai watu Pecak, Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian.

Pengamanan juga melibatkan Polres Lumajang, Polsek Pasirian, Koramil, Satgas keamanan Desa (SKD) dibantu anggota Banser.

"Pengamanan juga melibatkan Sat intelkam Polres Lumajang dan Kanit Intelkam Polsek Pasirian," ujar Kapolsek Pasirian Agus Sugiharto.

AKP Agus menyampaikan, pengamanan ini dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang melaksankan upacara melasti ke pantai.

"Kami terjunkan personil gabungan untuk melakukan pengamanan kegiatan keagamaan yang melibatkan banyak orang untuk memastikan kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar," imbuhnya.

Menurut Kapolsek. Dalam upacara melasti, dihadiri sekitar 2.500 umat Hindu, yang berasal dari umat Hindu Kabupaten Lumajang, wilayah Kecamatan Sumber Probolinggo dan dari Pura Mandara Giri Semeru Agung, Desa Senduro Kab.Lumajang.

"Dengan adanya kegiatan ini yang merupakan giat rutin tiap tahun maka diperkirakan untuk tahun depan jumlah umat Hindu yang datang akan lebih banyak lagi," ujarnya.

Reporter : Atman.

0 Response to "Ribuan Umat Hindu Melaksanakan Upacara Melasti"

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel