-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Unissula Buka Pemagangan MBKM Mandiri


Semarang, lintasone.com - Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK) Unissula memberikan kesempatan belajar seluas-luasnya kepada mahasiswa sekaligus mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kemendikbud Dikti. Hal itu disampaikan Dekan FBIK Trimanah MSi (2/3/2023).

Masih menurut Trimanah peluang mahasiswa untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan tidak hanya di ruang-ruang kelas di dalam kampus, tetapi juga dari belajar melalui praktik lapangan di berbagai tempat. Untuk itu pihaknya pro aktif membuka kerjasama dengan pihak-pihak yang memang memiliki kapasitas memadai demi terlaksanaknya MBKM tersebut.

“Perguruan tinggi tidak selamanya dapat mengandalkan program-program MBKM yang ditawarkan Kementerian, tetapi juga harus punya inisiatif  bekerjasama dengan banyak pihak. Sudah ada beberapa institusi yang meminta diadakannya kerjasama dengan FBIK Unissula khususnya dengan Prodi Ilmu Komunikasi dalam program magang”, ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut (RSIGM) Sultan Agung adalah institusi yang paling awal meminta diadakannya kerjasama pemagangan. MoU antara FBIK dan RSIGM telah ditandatangani pada 15 Februari 2023. MoU tersebut ditindaklanjuti pada 1 Maret 2023 dengan perjanjian kerjasama tentang magang MBKM antara RSIGM dengan Prodi Ilmu Komunikasi Unissula.

“Dalam beberapa kali diskusi dengan Direktur RSIGM, disampaikan bahwa saat ini rumah sakit sedang memerlukan tenaga-tenaga muda dari mahasiswa untuk membantu mencapai target-target di bidang Kehumasan dan Pemasaran. Gayung bersambut. Pada saat yang sama, kami juga memiliki program untuk menyalurkan mahasiswa kami dalam berbagai program yang mendukung konsep MBKM”, tambahnya.

Sementara itu Direktur RSIGM, drg Kusuma Arbianti MMR menyatakan kesiapannya menkonkritkan program tersebut. “Kami di RSIGM bersama dengan Dekan FBIK dan Kaprodi Ilmu Komunikasi akan menyiapkan rencana pembelajaran di lapangan agar sesuai dengan ketentuan MBKM. Sehingga nantinya setelah satu semester mahasiswa yang magang di tempat kami bisa mendapatkan penyetaraan 20 SKS dari program ini”, ungkapnya.

PT Sinergi Multi Cipta, pada Selasa 28 Februari 2023 juga telah ditandatangani perjanjian Kerjasama (PKS) pemagangan MBKM antara Prodi Ilmu Komunikasi Unissula dengan PT Sinergi Multi Cipta. PT Sinergi Multi Cipta adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang web and sosial media development, event organizer, pelatihan dan sertifikasi serta konsultan bisnis dan manajemen.

Direktur PT Sinergi Muti Cipta, Mustafa MT menyampaikan bahwa “Kerjasama dengan Prodi Ilmu Komunikasi Unissula sangat tepat. Dengan kerjasama tersebut kami bisa mendapatkan SDM yang kami butuhkan. Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang ditandatangani sepekan sebelumnya”, ungkapnya.

Hingga saat ini sudah ada 50 mahasiswa yang mendaftar magang di RSIGM dan PT Sinergi Multi Cipta. Para pendaftar akan diseleksi bersama oleh Prodi Ilmu Komunikasi dan mitra magang. Mahasiswa diharapkan sudah mulai magang di pekan pertama bulan Maret 2023 ini.  Kerjasama tersebut akan berlangsung secara berkesinambungan selama empat tahun kedepan.

Banyaknya permintaan magang menjadi motivasi tersendiri bagi FBIK Unissula untuk terus meningkatkan kwalitas pendidikannya. “Permintaan Kerjasama utamanya dalam bidang pemagangan bagi mahasiswa dari berbagai perusahaan atau instansi menjadi peluang sekaligus tantangan yang memotivasi kami agar lebih meningkatkan kualitas pembelajaran bukan hanya yang sifatnya teoritis konseptual di kelas, tetapi juga secara best practice di lapangan. Dengan demikian lulusan-lulusan kami nantinya memang betul-betul siap memasuki dunia kerja”, pungkas Trimanah.

Kabiro Jateng: Andreas Sutikno.

 

0 Response to "Unissula Buka Pemagangan MBKM Mandiri"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel