-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unissula Mengadakan KKL ke Humas DPR RI di Jakarta

(14) Humas Parlemen

Semarang, lintasone.com - Rombongan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unissula mengadakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Humas DPR RI di Jakarta (7/6/2023). Rombongan diterima oleh tim tim Kesekjenan DPR RI.

tersebut menerima paparan mengenai tugas pokok dan fungsi dari Humas Parlemen yang disampaikan oleh pranata humas Leidena Sekar Negari SIKom.

Menurutnya peran lembaga kehumasan dalam keterbukaan informasi publik memiliki posisi yang strategis.  Hal itu bertujuan untuk mengawal dan mewujudkan tata kelola negara yang bersih, profesional dan berwibawa.

Sebagai komunikator publik untuk menyampaikan informasi yang benar, fungsi humas menyosialisasikan kebijakan lembaganya. Humas juga memberikan pelayanan, menyebarluaskan pesan atau informasi serta mengedukasi masyarakat mengenai kebijakan hingga program-program kerja lembaganya kepada masyarakat.

Terdapat beberapa kegiatan dalam Biro Protokol dan Humas diantaranya edukasi parlemen, program-program PR, dan brand activation. Juga pengelolaan sosial media dan biro pemberitaan parlemen berkaitan dengan press release, peliputan internal (media cetak, media sosial, tv dan radio). Pengelolaan sosial media official, analisis media, manajemen isu dan agenda setting, pers gathering, dan media briefing.

Kemudian terdapat juga program parlemen kampus yang cukup menarik bagi mahasiswa. Parlemen kampus merupakan salah satu program untuk memberikan pemahaman bagi generasi muda bagaimana sebenarnya satu proses politik itu dilakukan. “Itu sudah menjadi komitmen kita bagaimana memberdayakan kaum muda untuk memahami proses politik di DPR-RI”, ungkap Leidena.

Dia juga mengungkapkan tentang parlemen kampus, menurutnya dengan media program ini akan memberikan pemahaman bagi generasi muda bagaimana proses politik di DPR terjadi.

Sebanyak 128 mahasiswa angkatan 2020 tersebut juga diajak tour mengelilingi kompleks Perlemen Republik Indonesia. Yang dikunjungi diantaranya Gedung Nusantara, Gedung Nusantara I – V.

Rombongan juga diajak merasakan duduk di Gedung Nusantara. Bangunan yang berbentuk kubah atau terkadang disebut sebagai Gedung Kura-Kura tersebut merupakan bangunan bersejarah karena banyaknya peristiwa bersejarah di Gedung tersebut, termasuk setiap pelantikan Presiden RI terpilih.

Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi Unissula Urip Mulyadi SIKom MIKom menyampaikan KKL merupakan salah satu kegiatan penunjang dalam proses pembelajaran di Prodi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula.  KKL dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa di lapangan seperti di lembaga Pemerintahan maupun Industri.

Kegiatan KKL juga merupakan suatu proses pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat yang sedang membangun dan mengetahui keberhasilan dan permasalahan yang di hadapi. KKL dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan misi dan bobot pendidikan bagi mahasiswa dan untuk mendapat nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi.

KKL bertujuan untuk meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dunia nyata dan kebutuhan masyarakat dalam lingkup iptek termasuk di dalamnya adalah ilmu komunikasi.

Adapun tujuan kegiatan kunjungan KKL tersebut adalah mengenal dan memahami dunia kerja sesuai dengan bidang ilmu. “Selain itu untuk mengidentifikasi berbagai persoalan dan tantangan di dunia kerja. Memahami penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajari di perkuliahan pada berbagai aspek dunia kerja”, ungkap Urip Mulyadi.

Turut hadir mendampingi mahasiswa antara lain dekan Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Trimanah SSos MSi dan Dannia Ayu Martina SIKom MIKom. Pendamping lainnya yakni Sukma Putrawan SE dan Heru Fajar Riyanto.

Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.

 

0 Response to "Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unissula Mengadakan KKL ke Humas DPR RI di Jakarta "

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel