-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Hadiri Grebeg Suro di Desa Sumbermujur Kapolres Lumajang

Lumajang,  www.lintasone.com - Bagi masyarakat Jawa Grebeg Suro tidaklah asing terdengar ditelinga, ini merupakan suatu acara tradisi budaya yang dilaksanakan setiap memasuki tanggal 1 Muharram (1 Suro pada penanggalan Jawa).

Kali ini grebeg suro dilaksanakan di Hutan Bambu, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Rabu (19/7/2023).

Acara yang mengambil tema "Bahwa Air Adalah Sumber Kehidupan," dihadiri Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang, S.H, S.I.K, M.H, Dandim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M.,  Kepala Desa Sumbermujur dan Forkompinda.

Sejumlah warga membawa gunungan hasil bumi, kemudian tarian budaya khas Desa Sumbermujur hingga ritual adat mengubur kepala sapi di dekat sumber mata air hutan Bambu Semeru.

Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang menyampaikan, bahwa Hari ini  Desa Sumbermujur melaksanakan grebeg suro  dalam rangka 1 Muharam 1445 hijrah Tahun 2023.

"Acara mengambil tema paguyuban air adalah sumber kehidupan. Mudah mudahan Sumber mata air yang ada di sekitar ini dapat memberikan kehidupan bagi masyarakat desa Sumbermujur," ucapnya.

Tradisi budaya tetap untuk dilestarikan budaya yang ada sebagai warisan budaya sangat bagus di tanah air Indonesia.

"Saya bersama Dandim akan selalu ada bersama-sama dengan masyarakat untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban dan meningkatkan perekonomian tentunya di desa Sumbermujur," ungkap Boy.

Kapolres mengucapkan selamat kepada Desa Sumbermujur atas prestasi desanya terpilih juara 1 tingkat Nasional

"Ini bukan main-main ini juara satu, bukan tingkat kabupaten dan provinsi tetapi tingkat Nasional. Dimana desa Sumbermujur ini mengalahkan ribuan desa yang ada di tanah air Indonesia," jelasnya.

Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala desa Sumbermujur mendapatkan penghargaan dari Kapolri di Jakarta.

"Ini merupakan peran serta semua warga masyarakat untuk menciptakan kerukunan, keguyuban di desa Sumbermujur ini," terangnya.

Kepala Desa Sumbermujur, Yayuk Sri Rahayu, mengatakan, Desa Sumbermujur mengadakan grebeg suro untuk memperingati 1 Muharam 1445 h adalah yang pertama.

"Kami mengambil tema yaitu Tirto Mangun Kahuripan bahwa air adalah sumber kehidupan," ujarnya.

Bahwasannya air yang ada di hutan bambu ini menjadi sumber kehidupan bagi seluruh warga Sumbermujur

"Bahwa grebeg Suro ini memohon kepada Allah SWT bahwa di desa sumber mujur mudah-mudahan menjadi desa yang aman, tentram, tertib dan bahagia," terangnya.

Reporter : Atman.

0 Response to "Hadiri Grebeg Suro di Desa Sumbermujur Kapolres Lumajang"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Hari Bhayangkara Ke-78

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel