-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Selamatan Desa Kandangan Tradisi Arak-arakan Menuju Situs Selo Gending

Lumajang,  www.lintasone.com 
- Desa Kandangan, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, merayakan acara selamatan dengan tradisi arak-arakan turun temurun menuju situs Selo Gending , Senin (24/07/2023).

Acara yang dipandu oleh para pemangku adat dan tokoh masyarakat ini dihadiri oleh ribuan warga desa yang berbondong-bondong ikut serta dalam perayaan kuno yang dipercayai telah dilaksanakan secara tradisional sejak jaman dahulu.

Situs Selo Gending, sebuah tempat yang sarat dengan nilai sejarah dan kearifan lokal, menjadi tempat suci yang dipercayai memiliki energi spiritual dan memberikan berkah bagi masyarakat Desa Kandangan. Perayaan selamatan ini diadakan sebagai bentuk ungkapan syukur atas hasil panen yang melimpah serta permohonan keselamatan dan kemakmuran bagi seluruh warga desa.

Acara dimulai di pagi hari ketika sinar matahari masih merona di ufuk timur. Masyarakat Desa Kandangan berkumpul di lapangan desa, mengenakan busana adat dan menyanyikan nyanyian-nyanyian doa, selanjutnya berarak menuju situs selo gending yang merupakan situs tertua yang menjadi pusat ritual untuk acara hari ini. turut hadir dalam acara ini forkopimka Senduro.

Dengan diiringi oleh alunan musik tradisional, reog,  arak-arakan kemudian dimulai. Sebuah barisan panjang berjalan mengikuti jalur yang telah ditentukan. Selama prosesi, para peserta menyanyikan gending-gending kuno yang turun temurun dari generasi ke generasi, menggambarkan sejarah dan kebudayaan mereka.

Setelah melewati perjalanan yang panjang dan menguras tenaga, akhirnya rombongan tiba di situs Selo Gending yang memukau. Sebuah kompleks suci dengan punden berundak dan candi-candi kecil menjadi tempat fokus upacara selanjutnya. Para pemangku adat (romo dhukun) memimpin doa-doa penuh makna, memohon keselamatan bagi desa Kandangan kelimpahan hasil bumi, dan keberkahan bagi seluruh masyarakat.

Upacara selamatan diakhiri dengan pemberian sesaji secara simbolis kepada para leluhur yang dipercaya masih hadir di situs tersebut. Masyarakat berdoa dengan tulus dan mengenang jasa-jasa leluhur dalam melestarikan adat dan budaya Desa Kandangan.

Kepala Desa Kandangan, Bapak H. Jumanang, menyampaikan harapannya agar tradisi berharga ini dapat terus dilestarikan oleh generasi mendatang. "Acara selamatan dengan arak-arakan turun temurun ini adalah warisan budaya yang tak ternilai harganya yang selalu di adakan setiap bulan Suro hari senin manis. Semoga generasi-generasi berikutnya dapat meneruskan tradisi ini dengan penuh kebanggaan dan menghargai warisan nenek moyang kita," ucapnya.

"Acara Selamatan Desa yang di ramaikan dengan kirab budaya/ karvaval di ikuti semua RT dan RW di Desa Kandangan dan untuk menambah semangat, juga di berikan hadiah kepada peserta terbaik 1,2,3 dengan hadiah kambing, di sediakan juga doorprice," jelasnya

Kepala Desa Kandangan berharap agar perayaan selamatan di Desa Kandangan ini tidak hanya menjadi ajang syukuran dan berdoa, tetapi juga sarana untuk memperkuat rasa persatuan dan kebersamaan antarwarga desa. Tradisi ini mengingatkan mereka bahwa kekayaan bukan hanya dalam bentuk materi, tetapi juga dalam bentuk kearifan lokal dan nilai-nilai luhur yang senantiasa dijaga dan dilestarikan.

Seorang warga yang hadir menyampaikan apresiasinya melalui media ini, "kami sebagai warga sangat senang atas apa yang telah di adakan oleh pemdes, acara yang semarak seperti sudah lama tidak ada, jadi ini merupakan suatu yang bisa menjadi pemuas dahaga warga masyarakat akan ritual yang di padu dengan hiburan," ungkapnya dengan nada senang.

Acara selamatan dengan arak-arakan turun temurun ini telah menyatukan warga Desa Kandangan dalam semangat kebersamaan, dan akan terus menjadi bagian penting dari identitas budaya dan sejarah mereka.

Reporter : Atman.

0 Response to "Selamatan Desa Kandangan Tradisi Arak-arakan Menuju Situs Selo Gending"

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel