-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Tim Mobil Listrik Unissula Bernama Molex Renewable Team (MRT) Lolos Sebagai Finalis

Semarang, lintasone.com - Tim Mobil Listrik Unissula yang bernama Molex Renewable Team (MRT) lolos sebagai finalis dan akan berlaga mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Tingkat Nasional Tahun 2023.

Kontes ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia. Tempat pelaksanaan kontes bertempat di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol Jakarta mulai tanggal 28 Oktober hingga 2 November 2023.

Tim MRT ini diketuai oleh M Faridotul Ilmi, mahasiswa Teknik Elektro Unissula angkatan 2020. Anggota tim berjumlah 19 orang dan terdiri atas mahasiswa Program Studi Teknik Elektro, Teknik Industri, dan Teknik Informatika dari Fakultas Teknologi Industri UNISSULA Semarang.

Persiapan lomba dan pendaftaran sudah dimulai sejak bulan Agustus 2023. Melalui tahapan proses seleksi Laporan Desain Kendaraan dan seleksi Video Virtual Technical Inspection secara daring (online) maka terpilih 60 peserta yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia. Seluruh peserta ini nantinya akan berlaga secara luring (offline) di sirkuit JIEPC Ancol.

Kategori lomba dibagi menjadi 2, yaitu: Kategori Prototipe dan Kategori Urban. Adapun mesin penggerak terdiri atas: MPD Gasoline, MPD Diesel, MPD Etanol, dan Motor Listrik. Tim MRT mengikuti kategori prototipe dengan mesin penggerak motor listrik.

Dalam kontes ini setiap peserta harus mengeksplorasi kemampuannya dalam perancangan, implementasi, dan strategi.

Juga harus mengembangkan ide-idenya untuk dapat membuat dan merancang suatu wahana bergerak berbentuk mobil hemat energi dengan berbagai bentuk dan struktur serta inovasi, dimana mahasiswa dapat berkompetisi secara sportif dalam arena yang telah ditentukan.

Melalui kegiatan KMHE ini juga prestasi mahasiswa di bidang rancang bangun mobil hemat energi dalam level nasional maupun internasional diharapkan dapat meningkat pesat.

Pembimbing tim MRT, Dr. Bustanul Arifin, ST, MT yang sekaligus sebagai Wakil Dekan 1 FTI UNISSULA menyatakan bahwa bukan pertama kali Tim MRT ini mengikuti lomba di tingkat nasional. Sebelumnya tim sudah sering mengikuti seleksi dan bahkan beberapa kali menjuarai di berbagai ajang serupa.

Senada dengan pernyataan tersebut, Dekan FTI Unissula Dr. Ir. Novi Marlyana, ST, MT, IPU, ASEAN Eng., juga sangat mendukung pengembangan prestasi mahasiswa di tingkat nasional maupun internasional di berbagai bidang, salah satunya di bidang mobil listrik. Melalui ajang lomba ini diharapkan akan semakin menambah kompetensi dan wawasan mahasiswa sembari melaksanakan perkuliahan.

Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.


0 Response to "Tim Mobil Listrik Unissula Bernama Molex Renewable Team (MRT) Lolos Sebagai Finalis"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel