-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Penguatan Ekonomi Warga, Pospera Bersih-Bersih Sungai Buat Keramba Ikan

PASURUAN, Lintasone.com - Dalam rangka untuk menjaga kelestarian alam sekaligus penguatan ekonomi warga, Ormas DPC Pospera Kota Pasuruan, Jawa Timur melakukan kegiatan kerja bakti bersih-bersih sungai tepatnya diwilayah Kelurahan Sebani, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan pada Minggu (10/1) sekira pukul 07.00 wib pagi.

Yang mana giat bersih-bersih itu sendiri diikuti oleh seluruh anggota Pospera mulai dari jajaran PAC, ranting dan juga DPC. Dan dibantu oleh petugas dari pihak Sumber Daya Air dan Drainase (SDAD) Dinas PUPR Kota Pasuruan, serta sejumlah masyarakat dan pemuda yang ada di daerah sekitar.

Setelah dilakukan pembersihan di sepanjang aliran sungai dari sampah dan juga endapan lumpur, pihak Pospera bersama warga setempat juga akan memanfaatkan sungai tersebut sebagai keramba ikan air Nila.

"Ini salah satu bentuk pendampingan kita (Pospera) kepada warga, yaitu untuk mewujudkan program ketahanan pangan sekaligus meningkatkan perekonomian warga khususnya yang ada disekitar. Kegiatan ini sesuai dengan permintaan warga". Ucapnya Ketua PAC Gadingrejo DPC Pospera Kota Pasuruan, Akhmad Saikhu.

Perlu diketahui untuk mengawali program kerja di tahun 2021, banyak kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan dilakukan oleh pihak DPC Pospera Kota Pasuruan. Diantaranya seperti bagi-bagi nasi bungkus kepada korban banjir, bersih-bersih lahan hutan Kelurahan di Purutrejo, serta kali ini giat normalisasi sungai diwilayah Kelurahan Sebani.

Bahkan di akhir tahun 2020 kemarin, pihak Pospera sendiri juga melakukan giat pelepasan ratusan burung ke alam bebas serta penaburan ribuan benih ikan ke sungai Gembong. Selanjutnya diperkirakan pada Februari 2021 mendatang, pihak Pospera juga berencana akan melakukan giat penanaman 1000 bibit pohon di Kota Pasuruan.

"Kami dari Pospera sangat merasa senang sekali karena bisa berkolaborasi dengan warga dan juga para pemuda termasuk dari dinas PUPR, tentu ini salah satu penyemangat bagi Pospera". Imbuhnya Akhmad Saikhu.

Menanggapi adanya partisipasi berupa kegiatan normalisasi sekaligus adanya budidaya ikan yang dilakukan oleh Pospera, Saikhu Anwar salah satu Ketua RT setempat yakni RT 02 RW 06 menyampaikan ungkapan rasa terima kasih.

"Alhamdulillah...kami mewakili warga menyampaikan ungkapan rasa terima kasih kepada pihak Pospera, karena telah mendukung dan mewujudkan kegiatan ini. Sehingga keinginan warga dan pemuda tentang budidaya ikan bisa terlaksana, sekaligus sungai disini lebih terlihat bersih dan rapi serta bisa bebas dari BAB. Kegiatan ini tentu sangat membantu warga, dan memberikan manfaat luas". Ucapnya Ketua RT 02 Saikhu Anwar.

Kedepan demi menjaga kelestarian dan juga ekosistem alam yang ada, Akhmad Saikhu berharap supaya pihak Pemerintah membuat Perda tentang larangan penggunaan racun ikan dan juga setrum didalam sungai.

"Kami juga ingin mengusulkan supaya Pemerintah menerbitkan adanya Perda, terkait larangan penggunaan potas (racun ikan) dan setrum ikan di sepanjang aliran sungai. Tujuannya supaya ekosistem habitat air termasuk ikan peliharaan di keramba kami tetap terjaga dan terpelihara dengan baik". Harapannya.

Selain melalui upaya tenaga, pihak Pospera juga memberikan bantuan lain berupa pemberian uang kepada warga pengurus budidaya ikan kurang lebih sebesar 2 juta rupiah untuk kebutuhan pembuatan keramba.

Berkaitan dengan kegiatan yang dilakukannya selama ini, Amin Suprayitno selaku Dewan Pembina DPC Pospera Kota Pasuruan mengatakan tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan tentunya demi menjaga keseimbangan alam.

Maka atas dasar itulah, Dirinya juga tidak bosan-bosannya untuk selalu mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dan juga jajaran Pemerintahan agar bisa sinergi dan berkolaborasi bersama.

"Baru saja kita mengalami musibah banjir, tentu ini bukti nyata bahwa pengelolaan lingkungan kita masih kurang baik. Sebagai bentuk support, Pospera akan selalu siap bersinergi dengan siapapun termasuk dengan Pemerintah. Termasuk masalah pelestarian lingkungan, setidaknya agar kita terhindar dari yang namanya bencana alam". Katanya Mas Prayit, nama panggilan akrabnya.
Lebih lanjut Dirinya juga menekankan pihak Pemerintah untuk lebih serius dan betul-betul bekerja secara nyata, tentunya dengan program yang tepat guna dan sasaran demi Kota Pasuruan kearah yang lebih baik, maju dan juga sejahtera.

"Mari kita perindah Kota Pasuruan secara bersama-sama, disini Pospera hanya sebagian kecil dari masyarakat. Dan harapan kami Pemerintah serius untuk membenahi lingkungan ini termasuk dengan Dinas DLHKP Kota Pasuruan, monggo (silahkan) anggaran yang begitu besar sekiranya bisa dimanfaatkan dengan baik dan tepat guna sasaran". Pungkasnya yang akrab dipanggil Mas Prayit, yang juga sebagai Wakil Ketua DPD Pospera Jatim.

Perlu diketahui bersama, bahwa sejauh ini pihak Pospera juga sudah melakukan upaya pendampingan terhadap para pelaku UKM khususnya didalam anggota Pospera guna meningkatkan kesejahteraan.

Terlepas dari apa yang sudah dilakukan oleh pihak Pospera sejauh ini, hal tersebut tentunya harus mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Pasuruan guna mewujudkan apa yang menjadi sebuah keinginan dari masyarakat khususnya di Kota Pasuruan. (Syah/Ko)

0 Response to "Penguatan Ekonomi Warga, Pospera Bersih-Bersih Sungai Buat Keramba Ikan"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Hari Bhayangkara Ke-78

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel