-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

LP3M Unissula Helat Workshop Tentang Pemahaman Instrumen Penilaian

Semarang, lintasone.com - LP3M Universitas Islam Sultan Agung "Unissula" Semarang mengadakan Workshop penyusunan instrumen penilaian rubrik dan fortofolio yang dilaksanakan Selasa (27/7/2021). 

Ketua panitia dr Yani Istadi MMed Ed dalam sambutannya menyatakan, bahwa acara tersebut sangat penting mengingat dalam borang akreditasi mensyaratkan minimal adanya rubrik dan fortofolio."ujarnya.

Sementara itu rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD dalam sambutannya menyampaikan, bahwa acara workshop ini perlu ditindaklanjuti dengan membuat sistem yang user friendly, sehingga para dosen maupun prodi bisa mengakses hal - hal yang terkait dengan instrumen tersebut sehingga memudahkan dan mampu meningkatkan mutu pendidikan termasuk juga menunjang akreditasi.

“Dunia pendidikan harus bergerak maju termasuk knowledge managementnya, sehingga kita tidak perlu pergi ke sbuah sistem yang rumit namun ke sistem informasi yang mudah untuk mengambil kesimpulan dan kebijakan”, ungkapnya. 

Narasumber Dr Laili Etika Rahmawati mengatakan, ada tiga karakteristik penilaian. Pertama assesment of learning, itu bertujuan memberikan penilaian terhadap hasil program pembelajaran, penilai kunci adalah dosen yang berperan sebagai assesor yaitu menilai pencapaian belajar.

Dan yang kedua assesment for learning, tujuannya menyediakan informasi kepada dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan penilai kunci, itu adalah dosen yang berperan memberikan umpan balik.

Yang terakhir ketiga adalah assesment as learning, tujuannya untuk menilai kemajuan belajar (self monitoring) dan perbaikan diri (self correction), penilai kuncinya adalah mahasiswa adapun peran dosen memandu pencapaian target individu. "Pungkas Dr Laili Etika Rahmawati.

Kabiro Jateng: Andreas Sutikno

0 Response to "LP3M Unissula Helat Workshop Tentang Pemahaman Instrumen Penilaian"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Hari Bhayangkara Ke-78

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel