-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Perusahaan Umum Daerah Air Minum "Tirta Mahameru" Kabupaten Lumajang Menyajikan Laporan Keuangan "NERACA"


Lumajang, lintasone.com - Neraca adalah istilah yang sangat sering dipakai dalam penyajian laporan keuangan. Apa itu neraca (apa yang dimaksud neraca)?

Neraca adalah laporan keuangan yang menyajikan jumlah aset, kewajiban (utang), dan ekuitas (modal) perusahaan pada periode waktu tertentu.

Neraca adalah nama lain dari balance sheet. Balance sheet bisa memberikan gambaran tentang profil lengkap perusahaan dari sisi keuangan. Balance sheet sendiri merupakan bagian dari laporan keuangan bersama dengan laporan laba rugi dan laporan arus kas.

Kegagalan suatu perusahaan dalam menyusun dan menyajikan neraca keuangannya dapat berimbas pada kegagalan seluruh manajemen perusahaan, terutama dalam keputusan pengambilan kebijakan.

Ini lantaran balance sheet atau neraca adalah sumber informasi penting kondisi keuangan perusahaan. Contohnya neraca memberikan gambaran jumlah aset dibandingkan jumlah utang.

Dalam neraca, kondisi aset bisa diketahui apakah aset perusahaan berupa aset likuid atau sebaliknya. Secara umum, aset dalam balance adalah terbagi menjadi dua, yakni aset tetap dan aset lancar.

Neraca saldo dalam balance sheet adalah menyajikan informasi untuk memprediksi jumlah arus kas masa mendatang.

Begitupun gambaran soal utang, apakah lebih banyak yang terdiri dari utang jangka panjang atau utang jangka pendek.

Manajemen perusahaan dan pemegang saham (investor) menggunakan neraca untuk mempelajari lebih lanjut tentang sumber pendanaan mana yang digunakan perusahaan untuk mendukung pertumbuhan dan operasinya.

Dalam perhitungannya, neraca menggunakan rumus jumlah aset adalah utang plus modal. Dalam penyajianya, sisi kiri balance sheet adalah aset, sementara di sisi kanan balance sheet adalah utang plus modal.

Sementara neraca lajur adalah suatu lembaran kertas berlajur atau berkolom yang digunakan dalam kegiatan akuntansi secara manual. Adapun kegunaan dari neraca lajur adalah untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan.

Sementara neraca saldo adalah suatu daftar yang berisi seluruh jenis nama akun beserta saldo total dari setiap akun yang disusun secara sistematis sesuai dengan kode akun yang bersumber dari buku besar perusahaan pada periode tertentu.


Kabiro Lumajang : Suatman.

0 Response to "Perusahaan Umum Daerah Air Minum "Tirta Mahameru" Kabupaten Lumajang Menyajikan Laporan Keuangan "NERACA""

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel