-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Ratusan Petani Yang Bermitra Dengan PT. AAB, di Jamin Banyak Keuntungan

Jember, lintasone.com - Saat ini, ratusan petani yang  bermitra dengan PT. Akbar Agro Barokah ( AAB) Jember, yaitu  perusahaan  Commercial Agricultural Compeny  bisa mendapat banyak  keuntungan.  PT. AAB mengajak bergabung  dengan  Benefit kemitraan antara lain, bergerak di bidang agrobisnis, program kemitraan jagung komersial, harga kontrak pasti, bekerjasama kemitraan Bisi Benih  jagung super hibrida dan hasil panen melimpah.

"Kita selain untuk bisnis tapi di sisi lain yang kita tonjolkan, adalah  jiwa sosialnya. Kita ingin bermitra dengan petani  membuka mindset petani yang rata- rata masih berpikiran  tradisional yang  sekedar tanam, kita bedah kita kasih pendampingan mulai pratanam sampai panen sehingga petani mendapatkan tonase  panen yang diinginkan bisa  tercapai." Terang Dian Puspitaningtyas, Owner PT. AAB Jember di ruang kerjanya, sabtu (15/1/2021).

Dengan menjadi mitra binaan PT. AAB, petani disupport benih , saprotan, di awal sudah akad dengan petani dengan  membeli hasil  panenan petani.
"Jadi petani hanya fokus bagaimana caranya supaya tanaman itu tumbuh bagus, hasilnya kita tampung  dan  yang sudah disepakati sesuai syariah Islam di mana akad itu ditetapkan di awal, jadi  akad itu  sama- sama deal, baru  kita lakukan." Ungkapnya.

Terkait, harga hasil panen petani,  PT. AAB punya terobosan yang lain, beda dengan yang lain. "Di mana- mana, kontrak  itu hanya  dengan keputusan satu harga, baik naik maupun turun.  Tapi PT. AAB ini memberikan jaminan, kita berada di  standart harga flat. Tapi bila harga turun, petani tidak merasakan  turunnya harga, tetap di harga itu  tapi apabila naik, PT tidak tutup mata, kita akan memberikan support 35 % dari selisih kenaikan harga itu dengan harga kontrak awal. " Tegas Dian.

Untuk kualitas hasil panen, lanjutnya,  semua di  harga sama cuma  bagaimana  tonase yang didengungkan pabrik bisa tercapai oleh petani  karena intinya, kalau tonase tercapai,  pabrik mendapatkan angka  tonase yang diinginkan dari awal,  maka  petanipun akan semakin banyak hasilnya.

"Kita tidak lihat kualitas karena kita membelinya dengan cara  gelondong." Imbuhnya.

Untuk saat ini, PT. AAB masif fokus di jagung Bisi 18 karena produk bisi adalah produk yang benar- benar teruji. Petanipun juga banyak yang tahu bahwa Bisi itu   unggul.

"Kedepan, kita ingin mengerjakan   porang tapi untuk sekarang masih ke jagung dulu, biar seatle dulu di bawah. Saat ini sudah bermitra di 2 Kabupaten, Jember dan Bondowoso. Kita baru start 4 bulan terakhir, penanaman sudah di  100 hektar dan pada bulan ini sudah mau 150 hektar. Kita membina petani yang notabene kita  tidak membedakan luas bahkan petani yang hanya punya luas 0,00 sekianpun bisa bermitra dengan kami. Intinya, kita bukan hanya bisnis tapi menjalin kerjasama, menjalin silaturahmi dengan petani. Kita sudah jalin  mitra kerjasama  di 2 kabupaten." Ujarnya.

Untuk bisa bermitra, petani hanya menyediakan ladang ( lahan),  bila petani membutuhkan biaya pratanam atau biaya kebutuhan khusus di rumahtangganya, bisa dipinjami oleh PT.AAB  tanpa ada bunga. 

"Setiap hari kita bisa melakukan kontrak dengan petani , jadi setiap hari ada penanaman,  tidak ada batasan bulan, tahun, setiap hari bisa dilakukan kontrak. Ada beberapa perusahaan yang bergerak seperti ini tapi pola kami ini menyentuh petani karena kami tidak punya lahan inti, kami    fokus untuk membina petani saja, walaupun sebenarnya kami bisa  memiliki lahan inti kalau mau memperkaya PT ini sendiri, jadi seperti itu. " Pungkasnya. ( herry).

1 Response to "Ratusan Petani Yang Bermitra Dengan PT. AAB, di Jamin Banyak Keuntungan"

  1. Bagus itu model kemitraan dg petani, tapi, klo MOU ok, sy jg mau bermitra.Intinya sama2 menghasilkan, ssm2 sukses.

    BalasHapus

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Hari Bhayangkara Ke-78

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel