-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Melestarikan Budaya Tenun Indonesia, DP3AKB Jember Gelar Festival Tenun Dan Lomba Mewarnai Tenun

Jember, lintasone.com - Festival Tenun Jember Dan Tenun Nusantara 2022 merupakan salah satu kegiatan untuk melestarikan budaya tenun Indonesia karena Jember juga merupakan  salah satu Kabupaten  penghasil tenun, Selasa (22/2/2022). 

Acara yang di gelar oleh DPC. Perwira ( Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia) Jember dan KCBI ( Komunitas Cinta Berkain Indonesia) berkolaborasi dengan DP3AKB ( Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB ) Jember, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan, Disperindag Jember dan  Bakorwil 5 Jember. "Acara ini di gelar dengan tujuan melestarikan budaya tenun Indonesia, kebetulan di Kabupaten Jember ini juga produksi tenun. Untuk Tenun, hanya ada 4 Kabupaten di se Jawa Timur, salah satunya Kabupaten Jember.  Kita wajib bangga bisa melestarikan budaya Indonesia." Terang  Ir. Hj. Irene  Hairin Megahwati, Amd,  Ketua DPC. Perwira Jember.

Pada kegiatan ini, selain Fashion Tenun  juga digelar lomba mewarnai tenun TK dan  Bazar UMKM sehingga ada perputaran ekonomi.
"Hari ini, semua pelaku- pelaku ekonomi ikut memeriahkan  kegiatan ini karena hari ini ada perputaran ekonomi diantara perempuan- perempuan Kabupaten Jember dalam pelaksanaan lomba fashion   tenun Jember dan tenun Indonesia." Paparnya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan IGRA ( Ikatan Guru RA)  Kabupaten Jember. Selain itu,  Forum Anak Jember ( FAJ)  juga dilibatkan. " Hari ini kita melibatkan FAJ dengan harapan  FAJ bisa mengerti bagaimana nantinya bisa  memberdayakan anak- anak yang ada di Kabupaten Jember  dengan belajar mengerti motif tenun. Tadi FAJ Juga menjadi kondakter dan tampil dengan prima dan bagus. FAJ  juga tampil  jadi juri untuk lomba mewarna anak." Imbuhnya.

Di tempat terpisah, Drs. H. Suprihandoko, MM Kepala DP3AKB Kabupaten Jember  mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini karena ikut melestarikan budaya dan juga  membangun kratifitas anak dalam rangka membudayakan batik tenun. 
"Jadi, anak-anak kita di edukasi sejak dini untuk memiliki ilmu pengetahuan dan ketrampilan bagaimana menjadi pembatik yang profesional di masa depan." Terang Suprihandoko.

Lebih lanjut, ini digelar kolaborasi dan sinergy antara Dharma Wanita Kabupaten Jember yang dipimpin oleh Hj. Irine Mirfano bekerjasama dengan Cafe Tidar Cek Point dan Perwira.
"Harapannya, dengan lomba- lomba seperti itu memancing semangat anak- anak Kabupaten Jember untuk bisa lebih berkreatifitas dan berinovasi yang pada akhirnya menghasilkan sebuah  produktifitas yang menjamin kehidupan perekonomian di masa depannya " paparnya.

Dengan adanya bazar Kolaborasi dengan Perwira ini juga untuk menggerakan ekonomi dan memberdayakan perempuan.
"UMKM atau stand- stand pemberdayaan perempuan  dengan produk- produk  yang di jual, walaupun hanya sesaat, ada tanda- tanda perekonomian. Terjadi pergerakan ekonomi. Saya lihat ramai juga ada yang beli. Ini menggambarkan sinergy dan kolaborasi yang positif untuk dijalankan lebih lanjut." Ungkapnya.

"Kita upayakan, kegiatan- kegiatan seperti itu menjadi kegiatan alternatif yang sesunggguhnya tidak harus dengan  APBD, tapi dengan kreatifitas, inovasi dan kolaborasi. Perwira bisa menggelar seperti itu, sudah luar biasa  karena kita tidak punya kegiatan seperti itu tapi kita bisa membuktikan pada semua bahwa kita bisa melaksanakan dan hasilnya luar biasa, apresiasi dari masyarakat juga luar biasa." Pungkasnya. ( herry).

0 Response to "Melestarikan Budaya Tenun Indonesia, DP3AKB Jember Gelar Festival Tenun Dan Lomba Mewarnai Tenun"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel