-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Wabup Jember Hadiri Rakor TPPS Di DP3AKB Jember

Jember, lintasone.com - Rapat lintas sektor yang di hadiri  Wakil Bupati Jember , Gus Firjoun di Kantor DP3AKB ( Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan KB )  Kabupaten Jember terkait Tim Percepatan Penurunan ( TPP)  Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi ( AKB) dan Stunting, jumat (11/3/2022).

"Alhamdulillah Pak Wabup berkenan rawuh di aula Bina  Kencana DP3AKB di jalan Jawa 51. Ini sangat luar biasa bagi kami karena Pak Wabup adalah Ketua Tim Percepatan Penurunan AKI AKB dan Stunting di Kabupaten Jember." Terang   Kepala DP3AKB, Drs. H. Suprihandoko,MM.

Lebih lanjut, Rapat ini terkait  untuk pembentukan tim perencanaan penganggaran terintegrasi.
"Kita ngundang organisasi perangkat daerah  lintas sektor yang terkait dengan persoalan ini sebagai salah satu upaya mengimplementasikan program kerjasama Pemkab Jember dengan UNFPA  (satu organisasi yang  memperhatikan terhadap kesejahteraan ibu dan anak). Titik tekannya bagaimana AKI di Kabupaten Jember bisa ditekan kalau bisa di nol kan. Oleh karena  itu dibutuhkan kerjasama dari semua pihak." Paparnya.

Terbentuknya tim ini, membangun kerjasama dengan UNFPA, dengan Dirjen Bina Pembangunan Daerah, FKM Unair dan FKM UI dan lain sebagainya  untuk  bisa melakukan percepatan penurunan AKI."Kita dijadikan daerah Piloting dalam implementasi Family Planing and Reproduktif web oleh   Dirjen Bangda ini." Ungkapnya.

Di bawah komando Pak Wabup, lanjut Suprihandoko  , dan  Bupati Jember  sebagai Ketua Tim Pengarah, dengan anggota Dandim 0824 Jember, Kapolres Jember, Ketua DPRD, Kajari, Ketua PN. Ketua pelaksana, Bapak Wakil Bupati Jember, Wakilnya antara lain  Sekda , Kepala Bappekab, Ketua TP.PKK dan Sekretarisnya Kepala DP3AKB Jember.
"Tentunya sangat jelas sekali. Disini, semua dinas dan instansi terlibat. Semua hampir dilibatkan, semua dinas termasuk di luar OPD Kabupaten, seperti PA, Kemenag Jember, Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Jember , kerjasama dengan di luar OPD Pemjab Jember  tapi ada di  Jember, termasuk BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan." Jelasnya.

"Diharapkan, semua berjibaku, bekerjasama bagaimana  agar Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Jember  ini betul- betul segera  terealisasi dengan baik." Harapnya.

Kedepan, menyusun rencana aksi dan kapan evaluasi, indikator evaluasi seperti apa,  nanti akan segera di tentukan dan dirumuskan bersama- sama."Harapan kita, Zero New Stunting, minimal itu. Artinya, sejak hari ini kedepan tidak ada stunting baru yang dilahirkan di Jember. Mudah- mudahan bisa dilakukan oleh Tim Penurunan Percepatan AKI,AKB dan Stunting, seperti itu." Pungkasnya.

Di tempat terpisah, Josias Anto Budi S, SE, Kabud KB Dan KS DP3AKB yang juga sebagai Satgas TPPS di lingkup Sekretariat Pelaksana  menambahkan bahwa agar  tim efektif, ada 2 komando besar di  TPPS ( Tim Percepatan Penurunan Stunting), yaitu tim pengarah dan tim pelaksana."Untuk memperkuat ini ada sekretariat pelaksana, kebetulan dipercayakan pada Sekretaris DP3AKB. Untuk memperkuat fungsi tim pelaksana, dibuatlah Satgas yang akan bekerja secara langsung dan mengendalikan." Ujarnya.

Dalam TPPS ini ada 4 bidang, yaitu bidang pelayanan intervensi spesifik, Bidang Perubahan Perilaku dan Pendampingan Keluarga, Bidang Koordinasi Konvergensi dan Perencanaan, ada lagi Bidang Data Pemantauan, Evaluasi dan Knowledge Managemen."Dengan struktur yang lengkap ini diharapkan lintas OPD, lintas sektor bisa menyatu dalam perwujudan Jember Bebas dari Stunting." Imbuhnya. ( herry).

0 Response to "Wabup Jember Hadiri Rakor TPPS Di DP3AKB Jember"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Hari Bhayangkara Ke-78

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel