-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Sat Binmas Polres Pasuruan Menggelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan

Pasuruan, lintasone.com – Polres Pasuruan melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) menggelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan (Latkatpuan) dengan materi Beladiri Borgol dan Tongkat serta Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) kepada para personil Bhabinkamtibmas di lapangan Apel Mapolres Pasuruan, Sabtu (28/5/2022).

Kegiatan Latkatpuan tersebut dipimpin oleh Kabag SDM Polres Pasuruan, AKP Mujiati didampingi Kasat Binmas, AKP Mastuki, S.H. dan diikuti perwakilan Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres Pasuruan

Dalam arahannya, Kabag SDM Polres Pasuruan mengatakan kegiatan Latkatpuan merupakan program Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta yang bertujuan sebagai langkah perbaikan dan pencapaian tugas Polri yang Profesional bagi para peserta pembinaan, guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Polri yang lebih baik, mahir, terpuji dan patuh hukum dalam melaksankan tugas dan tanggung jawab serta pelayanan pada bidangnya.

“Kegiatan latkatpuan ini digelar guna meningkatkan kualitas dan profesionalitas personil Polres Pasuruan khususnya Bhabinkamtibmas dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polres Pasuruan,” ujar AKP Mujiati kepada para Bhabinkamtibmas.

Kabag SDM Polres Pasuruan menjelaskan bahwa  fungsi Binmas adalah kekuatan inti Polri dalam bidang Preemtif, yang bertujuan agar masyarakat memiliki daya tangkal dan daya cegah terhadap segala macam gangguan Kamtibmas.

Sedangkan tugas pokok Polri yang harus dilaksanakan adalah melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta memelihara kamtibmas serta penegakan hukum.

Di akhir arahan Kasat Binmas, dilanjutkan Latkatpuan yaitu beladiri tongkat dan borgol dipimpin KBO Sat Binmas Polres Pasuruan, Ipda Joko Suseno, S.H.

Materi selanjutnya Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) dari Tim Dokkes Polres Pasuruan. Materi PPGD yang diberikan diantaranya pertolongan pertolongan dasar seperti pengecekan jalur nafas, CPR, tehnik mengangkat atau menandu korban hingga pembidaian untuk penanganan korban patah tulang. Tidak hanya sebatas teori semata, setiap peserta juga bisa langsung praktek didampingi oleh tenaga medis.

Sementara itu, di tempat yang sama Kasat Binmas, AKP Mastuki, S.H. mengatakan Bhabinkamtibmas ini bertugas tidak hanya dalam aspek preemtif maupun preventif tetapi juga berperan sebagai solutor dan pemecah masalah bagi setiap persoalan yang muncul di tengah masyarakat.

“Dengan digelarnya Latkatpuan ini, saya harap kompetensi Bhabinkamtibmas bisa semakin meningkat dan tentunya membawa manfaat dalam pengelolaan Kamtibmas di desa binaan masing-masing di wilayah hukum Polres Pasuruan,” pungkas Kasat Binmas.(Carlo/Zainul).

0 Response to "Sat Binmas Polres Pasuruan Menggelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan"

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel