-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Stop Stunting Dari Hulu Dan Beri Pelayanan KB, DP3AKB Kerjasama Dengan Kodim 0824 Jember

Jember, lintasone.com - Sosialisasi kesehatan produksi ,  pencegahan stunting dan pelayanan KB, kerjasama  Perwakilan BKKBN Jawa Timur, DP3AKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan KB) Kabupaten Jember  dan Kodim 0824 Jember dihadiri ibu- ibu Persit  dan PLKB sekabupaten Jember.di aula Kodim 0824  Jember, Senin (6/6/2022).

"Kita itu stop stunting dari hulu,  kita memberikan edukasi tentang Kes-Pro pada semua pihak dengan harapan,  para peserta itu menjadi Agent of Change,  memberikan penyuluhan, memberikan perubahan-perubahan di lapangan. " Terang Drs. Suprihandoko, MM, Kepala DP3AKB Kabupaten Jember.

Lebih lanjut,  Hari ini kita bekerjasama dengan BKKBN  Perwakilan Provinsi Jawa Timur diwakili oleh koordinator KBKR, menyapa mitra kerja  dalam rangka menyambung  TMMD,  TNI Manunggal Masuk Desa tahun 2022. 

"KIta lakukan  kerjasama dengan Kodim,  Bhaksos pelayanan Tubektumi,   seperti biasanya  tahun-tahun Lalu . Tahun ini,   di rumah sakit pemerintah,  jadi menggunakan fasilitas di RSD. Dr. Soebandi. Kemarin sudah kita lakukan study  lapangan,  verifikasi oleh tim medis dari provinsi dan Alhamdulillah rupa-rupanya sudah sesuai dengan standart. Jadi di RSD. dr. Soebandi tahun ini bisa untuk pelayanan Tubektumi. Pihak medis juga siap.  Insyaallah pada bulan-bulan ini ,  bulan Juni ini . Jadi tinggal ngatur harinya." Paparnya.

Untuk target,  kata Suprihandoko, untuk satu kali pelayanan ini mungkin tidak sampai 300 orang,  tahun lalu saya bisa sampai 300 orang untuk tahun ini antara 190 sampai 250-an lah maksimal .
"Itu sudah tubektomi dan vasektumi.jadi KB pria dan  MOW nya." Ungkapnya.

Terkait stunting, menurut Suprihandoko, pasti  ada penurunan. Hal ini karena  kalau di Kabupaten Jember,  di beberapa kali  kegiatan, kami selalu menyampaikan bahwa data yang diakui oleh pemerintah provinsi itu adalah data hasil survei SDGI , yaitu Survei Standar Gizi Indonesia.
"Jadi  pada saat 2019,  itu angkanya 37  koma sekian untuk  Kabupaten Jember. Alhamdulillah sekarang dengan bersinergi, berkolaborasi dengan semua pihak,  angkanya menjadi 23, 9. Artinya kita turun sampai 14 persen,  ini satu capaian yang sangat luar biasa kalau menurut saya . Kemudian untuk Berikutnya , ini sedang kita lakukan verifikasi dan validasi lapangan dengan harapan yang 319.000 kita curigai sebagai calon stunting baru,  itu betul-betul tidak stunting  harapan kita seperti itu. Sekarang masih dalam proses  perjalanan  verifikasi dan validasi lapangan,  sehingga tidak bisa dilaporkan sekarang.  Jumlah Angkanya berapa- berapa,  belum  bisa disampaikañ." Imbuhnya.

Tapi , kata Suprihandoko,  kalau mengacu  EPPGBN,  hasil pendataan bulan timbang,   itu tambah lebih signifikan lagi turunnya tapi saya tidak berani menyampaikan di sini. karena lagi-lagi yang diakui oleh pemerintah provinsi sementara ini adalah hasil SSGI.
"Jadi untuk stunting, pasti ada penurunan." Pungkasnya.( herry)

0 Response to "Stop Stunting Dari Hulu Dan Beri Pelayanan KB, DP3AKB Kerjasama Dengan Kodim 0824 Jember"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel