-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Bimtek Penumbuhan Dan Pengembangan Wirausaha Baru IKM di Buka Bupati Jember

Jember, lintasone.com - Bimbingan Tehnis (Bimtek) dalam rangka penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru IKM di Kabupaten Jember,  Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka  Kementerian Perindustrian tahun 2022, bekerjasama  dengan  DPR -RI, Bambang Hariyadi selaku  Wakil Ketua Komisi VII  DPR-RI dari Fraksi Gerindra.

Bintek di gelar selama 5 hari, 26-30 Juli 2022 yang  di buka oleh Bupati Jember, Ir.H. Hendi Suswanto,ST, IPU didampingi  H. Abdul Halim.  Wakil Ketua DPRD Jember yang juga  Ketua DPC. Partai Gerindra Jember.   Bambang Hariyadi, Anggota DPR-RI dari Dapil Jatim 4, Jember Lumajang,  tidak hadir  karena  sedang sakit.  Beberapa Kepala Dinas tampak hadir dalam acara ini, antara lain Kepala Disperindag, Kepala Dinas Koperasi, Kepala Penanaman Modal PTSP, Kepala Dinas Pendidikan dan undangan lainnya di Hotel Aston,  Selasa (26/7/2022).

"Ini kerjasama  anggota DPR RI, Bambang Hariyadi  dan Kementerian yang diteruskan di Jember. Ada 135 ( peserta) , kalau tidak salah ini program yang ke 4, Bimbingan tehnis  kewirausahaan, menumbuhkan, mengembangkan IKM." Terang H. Hendy,  Bupati Jember.

Lebih lanjut,  program ini untuk menumbukan manufaktur, artinya dari hulu ke  hilir untuk bagaimana mengolah bahan baku, mengelola untuk  barang jadi dan mengolah olahannya dan barang jadinya.
"Ini  diajarkan di sini dengan program 30%  di dalam ruangan  dan 70%  di luar ruangan   serta  praktek. Ini yang bisa menumbuhkan teman-teman, bisa langsung meng-implementasikan.
"Kami  berharap dari  Kementerian terus mengawal kegiatan ini, link and match-nya." Ungkap H. Hendy. 

Menurut H. Hendy,  link and macthnya perlu karena  jangan sampai, nanti teman-teman sudah berusaha tapi pembelinya masih menunggu. "Ini penting karena kalau sudah bagus,  tentunya sudah ada  anggaran   dan     juga  ada KUR untuk bantu." Imbuhnya.

Hal yang sama disampaikan Rizki Iswandi selaku  Direktur IKM, Pangan, Furnitur dan Bahan Bangunan  Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka  Kementerian Perindustrian. "Kami fokus di produsennya. Apa yang disampaikan Pak Bupati, disini, kami berupaya untuk memberikan nilai tambah. Jadi kolaborasi dengan petani, nelaya dan segala macam. Mulai  dari bahan baku kita olah menjadi produk. Ini memberikan nilai tambah.  Proses manufaktur seperti  itu." Ujarnya.

Menurut Rizki, industri kecil termasuk UMKM juga menjadi modal bagi perekonomian nasional. Ini tidak menyebabkan ekonomi kita tidak terjun ke jurang lebih dalam lagi. "Ada penurunan tapi rebornnya cepat karena kita memiliki  pondasi yang kuat di IKM nya.  Itu yang menyebabkan punya posisi yang strategis, sudah teruji, punya ketangguhan." Ujarnya.

Terkait program bimtek ini, menurut Rizki, di kementerian ada 2 program. 
Program pertama adalah program penumbuhan, mendorong populasi - populasi baru bagi pelaku Industri kecil dan menengah. "Yang kita lakukan hari ini adalah untuk mendorong penumbuhan populasi. Jadi, masyarakat yang berminat untuk menjadi  pelaku industri kita beri pelatihan atau pendidikan, baik itu di bidang manajemen maupun tehnisnya." Ungkapnya.

Kedepan, dari Bimtek ini ada kolaborasi  dengan Pemerintah Daerah sehingga  IKM nanti bisa  naik kelas."Kami berkolaborasi dengan pemerintah daerah, di sini ada dinas perindustrian, dinas koperasi, kami berharap kelanjutannya disitu. Nanti jika  ada permasalahan atau apa, bisa berkoordinasi dengan kami, mencari jalan bersama- sama, apa yang harus kami fasilitasi. Tahap awal diserahkan ke dinas,  dari dinas memberikan input ke kami, nanti kita coba kolaborasikan,  apa yang bisa berikan untuk diberikan pada pelaku usaha (IKM) agar mereka naik kelas nantinya." Pungkasnya ( herry).

0 Response to "Bimtek Penumbuhan Dan Pengembangan Wirausaha Baru IKM di Buka Bupati Jember"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel