-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Launching BUMDesa Goa Boma di Hadiri Forkompinda Kabupaten Bengkayang

Bengkayang, lintasone.com- Kepala Desa Goa Boma, Amdan, S,Pd. Kecamatan Montrado, Kabupaten Bengkayang menyambut baik kepada yang telah hadir pada hari ini Rabu 28/09/2022. Bertempat di halaman Kantor Desa Goa Boma. 

Acara GREND LAUNCHING.Bumdes Barakat Mandiri dan Deklarasi Program Kampung Iklim ( Proklim) dan Desa Tanguh Bencana. yang menghadiri pada acara Peresmian Program Bumdesa, Proklim, Desa Tanguh Bencana di Desa Goa Boma, Kecamatan Montrado, Kabupaten Bengkayang yakni, Forkopimda , Damramil, Camat Montrado, Kapolsek Montrado ,PT.JO, DPRD, beserta beberapa Kepala Desa Montrado yang turut hadir, yang didukung Oleh (YSDK) yayasan Suwadaya Dian Katulistiwa. Kepala Desa Kecamatan Monterado, 

Perwakilan Kepala Desa Kecamatan Monterado, Amdan dalam sambutannya mengatakan, "kepada Dinas BPBD dan perwakilan dari Dinas koperasi UMKM serta semua para undangan yang tidak bisa saya Sebutkan satu persatu dengan mengucap syukur pada pagi hari ini tanggal 28 September 2022."ujarnya.

"Bahwa kami sangat bersyukur dan berterima kasih pada semua tokoh masyarakat baik semua elemen yang sudah menyaksikan waktu kegiatan kita pada kesempatan hari ini,  bawah ini prosesnya sangat panjang sekali waktu nya. dan pengurusan badan hukum sehingga Tahun 2022 terbit pada waktunya dari Tuhan. "Ucapnya.

Lanjut, "Pada kesempatan tahun ini bulan September ini kita sudah bisa perdana untuk Unnes sudah bisa melakukan transaksi, kebetulan ada dari pihak BRI  juga hadir, Terima kasih banyak dari BNI yang sudah men-support juga. walaupun Keadaan  pada hari ini belum ada anak kecilnya, ya kita masih sifatnya aplikasi namun  kami sebagai pemerintah Desa dan pengurus BUMDes sangat berterima kasih ke semua pihak yang terlibat dalam proses.peresmian Bumdesa."Paparnya.

"Ya disitu kita satu wadah di dalam perutnya, itu ada dua pengadaan dihubungkan dengan jenisnya disini kita akan mempromosikan produk asli dari golongan yaitu pupuk,untuk diPromosikan apa yang sudah kita digolongkan baik itu ibu-ibu rumah tangga, beberapa waktu yang lalu sudah membuat suatu produk. Yang mana pada saat itu juga kita sudah mengadakan kegiatan di sini sudah dilihat dari dinas sehingga pada hari ini kita adakan. Jelas" Amdan. 

Sementara itu, perwakilan Pemdes Bengkayang, Meyudi dalam kegiatan ataupun dalam menghadiri undangan dari Kepala Desa Goa Boma, yaitu Grand Launching Bumdesa, namanya ini Barakat mandiri juga program dari provinsi Untuk mewakili, kebetulan Kepala Dinas kami juga hari ini sedang dinas keluar kota Samarinda maka izinkan dalam kesempatan ini saya yang mewakili selaku kepala bidang pemberdayaan masyarakat desa baik bapak-bapak ibu-ibu hadirin yang saya muliakan dan menghormati jadi sejak ditetapkannya undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 ini memberikan suatu identifikasi atau kekuatan hukum atau memberikan kewenangan penuh Kepada Desa untuk menyelenggarakan pemerintahan desa yang Tujuannya adalah untuk melaksanakan pembangunan di desa melakukan pemberdayaan masyarakat desa dan tidak pelaksanaan administrasi. 

Masyarakat Desa sejalan dengan itu jadi dari pemerintah pusat tindak lanjut dari undang-undang Desa inilah salah satunya adalah bergulirnya dana desa dari pemerintah pusat yang jumlahnya di setiap desa itu bervariasi mungkin ini 700-900 sekian juta untuk dana Desa inilah salah satu tindak lanjut dari undang-undang Desa tersebut yaitu untuk pembangunan Desa pemberdayaan masyarakat Desa q dan pemberian pelayanan umum dan melaksanakan pemerintahan umum yang ada di di Desa selanjutnya dilaksanakan oleh Desa melalui beberapa program. 

Tindak lanjut di desa ini adalah lahirnya atau dibentuknya bumdes yang ada di Desa itu yang pertama yang kedua Dana Desa juga mendukung kegiatan-kegiatan yang ada di Desa yang khususnya yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat peningkatan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat, yaitu melalui program dan Desa tangguh bencana yaitu salah satunya. 

Jadi perlu kami sampaikan, perlu kami informasikan bahwa di Kabupaten Bengkayang ini ada 122 Desa yang sudah terbentuk BUMDes di Kabupaten Bengkayang, ini ada 87 BUMDes yang aktif dalam artian telah memiliki. 

Ini setidaknya sampai saat ini 41 peta Yang sudah menghasilkan pendapatan Asli Desa. ini ada 13 Desa.sudah beromzet nanti di tahun 2023 di APBDes Desa, itu harus masuk yang namanya rekening Pendapatan asli Desa, dan lainnya itu masuk di situ nanti jadi di tahun 2023 Harapan Kita Dan itu pasti pekerjaan dari genetika menghasilkan pendapatan Asli Desa, terkait dengan 87 yang sudah terbentuk D1 adalah salah satu Desa atau yang telah memiliki sertifikat badan hukum dari Kemenkumham. jadi yang di Kabupaten Bengkayang ini yang sudah bersertifikat badan hukum dari Kemenkumham Ini pertama. 

yang tepat untuk informasi terkait BUMDes memang kami dari kabupaten sangat mengapresiasi dan memberikan. Terhadap Desa, kobongan dan BUMDes nya. 

kami telah mengadakan pelatihan yaitu" terkait dengan pelatihan pertama itu pelatihan penyusunan laporan keuangan BUMDes berbasis aplikasi sistem informasi akuntansi BUMDes ini telah kami lakukan dan juga kami diikutsertakan karena ini penting bapak-bapak ibu-ibu. jadi ini sekalian terkesan kepada yang ada di dekat Mandiri bahwa. 

87 BUMDes yang baru menghasilkan 13 kalau yang beromzet sudah itu setidaknya ada 24 tetapi tidak lebih dari 25 ini kenapa Salah satunya yang terpenting adalah pelaporan keuangan BUMDes, tapi saya percaya dan yakin di Desa ini dipublikasikan, ini akan berjalan dengan baik laporan keuangannya karena. Tutur"Meyudi

Harapan Kepala Desa Goa Boma.Amdan menegaskan, bahwasanya Jalankan BUMDes untuk kan di daerah-daerah lain, terutama Di wilayah Kecamatan Montrado, dan untuk di Desa-desa lain. 
Cara menambah pendapatan di luar." Tutup Amdan.

penulis : Jemi indrawan.

0 Response to "Launching BUMDesa Goa Boma di Hadiri Forkompinda Kabupaten Bengkayang"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel