-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

45 Kades Lumajang Mengikuti Smart Village Nusantara

LUMAJANG ,  www.lintasone.com – Di era digital seperti sekarang, desa bisa melaju seperti di perkotaan. Telkom mempunyai solusi jitu dalam digitalisasi desa untuk lebih cerdas, cepat, dan tepat.

Digitalisasi desa kini tak hanya sebagai pilihan tapi kewajiban. Keniscayaan tersebut untuk membawa desa lebih pintar dengan pemanfaatan teknologi, di mana itu bisa berdampak meningkatkan pelayanan publik hingga pengelolaan BUMDes.

Melalui SimpleDesa dari Smart Village Nusantara (SVN), Telkom memberikan solusi kepada desa mengatasi berbagai tantangan pemerintahan desa dan kecamatan yang kian kompleks.

“SVN akan menciptakan kenyamanan dan perbaikan akan pelayanan desa. SVN akan memudahkan banyak hal, mulai dari untuk layanan berkas kependudukan, registrasi Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), mendata usaha mikro di desa, hingga pengelolaan BUMDes.”

Hadir dalam kegiatan perwakilan telkom dari Jakarta, Jawa Timur, Surabaya, Pasuruan, duta digital Lumajang dan empat puluh lima kades di Lumajang.

Adapun acara diadakan di padepokan Suhanto Agro area sawah desa Kebonagung, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Kamis (16/3/23).

Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Lumajang Suhanto, menyadari kepala desa yang tidak bisa hadir meskipun sudah diundang karena banyak kegiatan yang mendadak. Bahkan hal terkecil pun menjadi tanggungjawab kepala desa.

Suhanto sekaligus kades Kebonagung menambahkan, nanti program Simpeldesa bisa diikuti oleh semua desa yang ada di lumajang karena program ini akan memudahkan tugas desa. Memang semua ada kelebihan dan kelemahan.

Dengan bigron kemampuan dan disiplin ilmu berbeda kepala desa berpengaruh pada pola pikir.

Terpenting kepala desa mampu berkoordinasi dengan seluruh staf desa agar lebih maju, pungkasnya.

Tempat yang sama Duta Digital Kabupaten Lumajang Gus Imron, Simpledesa ini banyak membantu tugas desa dalam menjalankan aktifitas.

“Kami selaku duta digital Lumajang menginginkan semua desa sudah menghadapi perkembangan tehnologi.”

Telkom punya program simpel desa semua aktivitas desa di akses android yang bersangkutan.

SimpelDesa juga memungkinkan diseminasi informasi serempak, respon warga yang bisa bisa dimonitor. Bahkan, survei-survei kependudukan bisa dikreasikan di aplikasi tersebut, termasuk koordinasi virtual antar desa, dan pemerintahan di atasnya.

Perwakilan dari PIC Telkom Al Farabi yang Akrab dipanggil Obi melalui SimpleDesa dari Smart Village Nusantara (SVN), Telkom memberikan solusi kepada desa mengatasi berbagai tantangan pemerintahan desa dan kecematan yang kian kompleks.

Untuk tata niaga dari SimpelDesa, aplikasi ini bisa untuk menata usaha kecil menengah, menyambungkan sisi ekonomi melalui perdagangan digital, termasuk BUMDes bisa benar-benar menjadi soko guru ekonomi. Prinsipnya ini lebih komprehensif, sambungnya.

Obi lebih lanjut menerangkan BUMDes bisa memberikan layanan sederhana seperti pembayaran PLN/PDAM, pulsa, BPJS, Pajak, mengelola Ojek Desa, termasuk transaksi perdagangan dengan sesama desa yang sudah menggunakan SimpelDesa, seperti Combring dari Ciburuy dengan hasil laut dari Desa Pangandaran.

Layanan 3G Bertahap di 2023, Wahyudi mengatakan Telkom akan terus mengedukasi pemerintahan desa dan masyarakatnya terkait digitalisasi desa ini termasuk di dalamnya aplikasi SimpelDesa ini karena yang perlu berubah total adalah cara pikir. Sebab dalam transformasi desa menuju desa digital, teknologi informasi komunikasi (TIK) sebatas perangkat pendukung saja, bebernya. 

Reporter : Atman.

0 Response to "45 Kades Lumajang Mengikuti Smart Village Nusantara"

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel