-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Pentingnya Siskamling, Itulah Yang Disampaikan Kapolres

Bengkayang, www.lintasone.com -
Bulan Suci Ramadhan Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar menggelar kegiatan dalam mempererat komunikasi Masyarakat dan Pihak Kepolisian yang bertajuk Jum’at Curhat, bertempat di jln Jerendeng Taman Baca Kemala Polres Bengkayang, Jum’at (31/3/2023) pagi.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Oleh Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H. dan diikuti jajaran PJU Polres Bengkayang, Perwakilan Danramil 01 Bengkayang Serka Raimundus, Perwakilan Camat Bengkayang, Lurah Bumi Emas, Direktur Wardi, S.Si. PDAM Bengkayang, Perwakilan Lurah Sebalo Ibu Merry, Ketua DAD Kec. Bengkayang Yulius Herry, Anggota Satpol PP Bengkayang, Tokoh Thonghoa Bpk Akong, dan Tokoh Agama Budha Bpk Anen, dan kurang lebih 20 orang Masyarakat Setempat yang hadir.-

Dalam pembukaannya, Kapolres menyampaikan " terima kasih kepada semua pihak yang bersedia hadir pada saat ini, dan menjelaskan mengenai pentingnya keberadaan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di lingkungan sekitar masyarakat Bengkayang. 

"Ucapan terimakasih Polres Bengkayang  atas kesediaan dari semua pihak untuk hadir pada kesempatan Jum’at Curhat (31/3/2023) kali ini, yang mana hari ini kami mengambil tema Patroli keliling atau Siskamling.  terkait keamanan lingkungan merupakan tugas kita bersama, karena untuk menjaga keamanan sekitar dan perlu kepedulian Masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut” Ucap Kapolres.


“Dengan adanya Siskamling, kita bersama bisa mencegah terjadi kejahatan di sekitar apalagi saat ini di media sosial kerap muncul fenomena kenakalan remaja. Selain itu, dengan adanya siskamling akan berdampak baik dalam meningkatkan ikatan sosial yang kuat di lingkungan masyarakat,” tambah Kapolres

Kapolres juga menyampaikan mengenai rencana kegiatan Mabes Polri yang akan mengadakan perlombaan siskamling dan pemenangnya akan diberikan hadiah langsung oleh Kapolri. Oleh karena itu, dia meminta kepada Kasat Binmas untuk mencari Siskamling dalam mengikuti lomba tersebut.

Dalam kesempatan tersebut tampak semua pihak yang hadir saling berbincang-bincang, menyampaikan aspirasi, keluhan, pertanyaan serta menyampaikan keluhannya mengenai kamtibmas yang berkembang pada saat ini. Seperti halnya disampaikan Perwakilan Camat Bengkayang Bapak Tarigan, dirinya mengatakan mengenai keberadaan siskamling di wilayahnya dan beberapa kendala yang dialami.

“Untuk bersama kita ketahui, Poskamling di Kecamatan Bengkayang sudah ada pada saat terjadinya Covid-19 dan dilaksanakan dari tingkat Desa, namun tidak berjalan  karena kurangnya petugas Satlinmas, hal tersebut disebabkan karena tidak adanya anggaran oleh Desa bagi petugas Satlinmas sehingga peminat untuk menjadi petugas satlinmaspun berkurang,”

Menanggapi hal  tersebut, Wakapolres Bengkayang Kompol Michael Terry Hendrata, S.H., S.I.K., M.H. menyampaikan pihak Desa, Kelurahan maupun Satpol PP untuk berkoordinasi dengan Pemda Bengkayang.

“Silahkan pihak Desa, Kelurahan ataupun Satpol PP untuk berkoordinas kepada Pihak Pemda dalam menganggarkan dana untuk kemanan di Desa atau Kelurahan, agar terdukungnya tugas yang dilakukan Satlinmas,” jelas Wakapolres.

Kemudian Tomas Tionghoa Bapak Tjhin Jan Kong juga menyampaikan keluhannya mengenai kurangnya fasilitas umum penerangan di Jalan Raya, “Kami harap intansi terkait dapat menambah penerangan jalan dibeberapa titik yang masih terlihat gelap, hal ini tentu guna mencegah dan mengurangi terjadinya aksi kriminal ataupun kecelakaan,” ucap Tjhin.

Terkait hal itu, Wakapolres menyampaikan bahwa lampu penerangan memang sangat diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya laka lantas, kenakalan remaja maupun aksi kriminal, sehingga perlunya koordinasi dengan Pemda Kabupaten Bengkayang untuk pengadaan lampu jalan.

“Akan kami koordinasikan hal ini kepada dinas terkait, semoga pengadaan penerangan di jalan raya  dapat terealisasi. Sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pengguna jalan terutama dalam menciptkan situasi kamtibmas yang kondusif,” Tutur, Wakapolres.

Diakhir kegiatan, Kapolres berharap dibeberapa daerah yang belum ada Siskamling agar setiap pihak dapat bekerja sama untuk mengaktifkannya kembali. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk mencegah aksi kejahatan dan mewujudukan kondusifitas situasi khususnya disekitar masyarakat."Tutup Dr, Bayu Suseno.

Reporter : Jemi indrawan.

0 Response to "Pentingnya Siskamling, Itulah Yang Disampaikan Kapolres "

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel