-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

BEM FIK Unissula menyelenggarakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar

WhatsApp Image 2023-07-18 at 14.55.34

Semarang, lintasone.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Unissula menyelenggarakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM TD). Acara dilaksanakan di Desa Meteseh Boja-Kendal (14-16/7/2023). Acara tersebut dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan keberhasilan mahasiswa dalam kehidupan akademik dan pribadi. “Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis yang dapat diterapkan untuk mengelola waktu, tugas, dan prioritas dengan lebih efektif”, ungkap Dekan FIK, Iwan Ardian SKM MKep.

Dalam era yang semakin kompetitif dan dinamis, mahasiswa tingkat dasar dituntut untuk memiliki keterampilan manajemen yang kuat. Harapannya dapat menghadapi tantangan akademik dan mempersiapkan diri untuk masa depan yang sukses.

Program pelatihan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan manajemen yang diperlukan untuk mencapai tujuan mereka dengan lebih efisien.

Masih menurut Iwan Ardian selama pelatihan, mahasiswa diperkenalkan dengan berbagai konsep dan teknik manajemen yang relevan. Manajemen yang dimaksud adalah pertama pengelolaan waktu.  Mahasiswa diajarkan bagaimana mengatur waktu dengan baik. Mengidentifikasi prioritas, dan memanfaatkan teknik seperti pembuatan jadwal, penggunaan pengingat, dan pengaturan batas waktu yang realistis.

Kedua, pengelolaan tugas. Mahasiswa diberikan strategi untuk mengatur dan menyelesaikan tugas dengan efektif, termasuk perencanaan, pengorganisasian, dan delegasi tugas bila diperlukan.


Ketiga, pengelolaan Stres. Mahasiswa belajar teknik pengelolaan stres yang efektif, seperti relaksasi, meditasi, dan latihan pernapasan, untuk membantu mereka mengatasi tekanan akademik dan menjaga keseimbangan emosional.


Keempat, pengelolaan proyek. Mahasiswa diberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar pengelolaan proyek, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proyek, yang dapat diterapkan dalam tugas-tugas kelompok atau proyek-proyek penelitian.


Pada pengelolaan proyek ini mahasiswa melakukan proyek pengabdian masyarakat dihari terakhir LKMM dengan bakti sosial pembagian sembako dan promosi kesehatan bagi warga. Program pelatihan ini didukung oleh tim instruktur yang berpengalaman dan ahli dalam bidang manajemen. Mereka memberikan pengajaran interaktif dan studi kasus. Melibatkan partisipasi aktif mahasiswa untuk memastikan pemahaman dan penerapan langsung dari keterampilan manajemen yang diajarkan.

Melalui program ini, diharapkan bahwa mahasiswa tingkat dasar mampu mengoptimalkan waktu dan sumber daya mereka, meningkatkan produktivitas, serta mencapai keberhasilan yang lebih baik dalam studi. Keterampilan manajemen yang diperoleh juga akan memberikan mereka keunggulan kompetitif di dunia kerja setelah lulus.

Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.

0 Response to "BEM FIK Unissula menyelenggarakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar"

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel