-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

PDIH Unissula berhasil meraih akreditasi Unggul

IMG_2041 copy

Semarang, lintasone.com - Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Unissula berhasil meraih akreditasi Unggul. Hal itu disampaikan oleh Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH pada Selasa (18/7/2023). “Alhamdulillah Program Doktor Ilmu Hukum Unissula berhasil meraih akreditasi Unggul. Semoga menjadikan kita tambah bersyukur pada Allah SWT dan taat pada Rasullullah Muhammad SAW”, ungkapnya.

Prestasi tersebut menjadikan semua prodi di Fakultas Hukum Unissula saat ini terakreditasi Unggul. Prodi tersebut yakni S1 Ilmu Hukum, S2 Magister Ilmu Hukum, S2 Magister Kenotariatan dan S3 PDIH.

Sementara itu Ketua Prodi PDIH Unissula, Prof Dr Anis Mashdurahatun SH MHum menyambut dengan sukacita capaian tersebut. “Kita sebagai pengelola berusaha sekuat tenaga melaksanakan regulasi pengelolaan program doktor ilmu hukum. Berusaha memenuhi standar pendidikan terbaik. Capaian akreditasi Unggul ini tentu bermakna besar yang kita sambut dengan penuh rasa Syukur pada Allah SWT”, ungkapnya.

Prestasi itu tidak lantas membuat pihanya berpuas diri. “Tentunya kita akan senantiasa meningkatkan kwalitas dan mutu sesuai dengan visi dan misi Unissula. Hal lain yang juga kita prioritaskan yakni merambah ke level internasional”, lanjutnya.

Hal itu dilakukan dengan mengaktualisasikan tridarma perguruan tinggi di lingkup internasional. Dicapai dengan memperkuat kolaborasi riset, publikasi jurnal dan prosiding, penerbitan ebook, visiting profesor, menambah kuota mahasiswa asing dan lainnya. “Tantangan kedepan akan semakin berat. Untuk bisa sustainable tentunya butuh semangat berjamaah yang kuat, bekerja keras dan bekerja cerdas”, ujarnya.

Dirinya juga bersyukur adanya perluasan lokal gedung Fakultas Hukum yang saat ini sedang dikerjakan oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung akan semakin meningkatkan fasilitas bagi mahasiswa. “Layanan pendidikan yang baik itu penting fasilitas penunjang juga penting. Adanya tambahan lokal gedung baru tentunya akan menambah fasilitas pembelajaran di PDIH menjadi semakin representatif”, terangnya.

Lebih lanjut ia menerangkan PDIH Unissula didirikan tahun 2012. Pada tahun 2018 berhasil menjadi Prodi Doktor Ilmu Hukum dari perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang berhasil meraih akreditasi A. “Pada tahun 2018 level akreditasi terbaik adalah A kalau sekarang akreditasi terbaik adalah Unggul. Sehingga dari dulu hingga kini mutunya sudah sangat terjaga”, terang Prof Anis.

Adapun keunggulan lainnya yakni dipercaya oleh Pemerintah untuk mengelola beasiswa LPDP dan BPI. Dipercaya mengelola beasiswa dari Kemenkumham dan dari korporasi nasional seperti Sinarmas.

PDIH Unissula saat ini juga telah terakreditasi internasional dengan level Premier atau Unggul dari badan Akreditasi dunia ASIC.

Memiliki kerjasama internasional yang luas dan diminati mahasiswa asing. Kerjasama dengan Nagoya University, Istambul University, Universiti Utara Malaysia, Tammasat University dan berbagai universitas lainnya. PDIH Unissula juga memiliki mahasiswa dari berbagai negara seperti Malaysia, India, Pakistan, Timor Leste dan lainnya.

Setiap tahunnya menghadirkan profesor dari berbagai negara antara lain Belanda, Australia, Jepang, Malaysia Turki dan lainnya. Mereka menjadi penguji proposal, menjadi dosen tamu, menjadi speaker konverensi internasional dan kegiatan akademik lainnya.

Memiliki mata kuliah penciri yakni rekonstruksi ilmu dan Islamic world view. Memiliki jurnal internasional yang terakreditasi dan bereputasi.

Mahasiswa PDIH Unissula lolos dalam program Sandwich. Program Sandwich adalah pendidikan atau riset di luar negeri sebagai bentuk fasilitasi bagi mahasiswa dalam menyelesaikan penulisan disertasi. “Alhamdulillah mahasiswa kita banyak yang lolos program Sandwich. Ini tentu membanggakan karena mahasiswa kita bisa melakukan riset disertasi di luar negeri”, pungkas Prof Anis.

 Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.

0 Response to "PDIH Unissula berhasil meraih akreditasi Unggul"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel