-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

FT) Unissula Mengadakan Konferensi Internasional Yang Dilangsungkan di Lombok

Gelar 

(25) Smart Infrastructure

Semarang, lintasone.com - Fakultas Teknik (FT) Unissula  mengadakan konferensi internasional yang dilangsungkan di Lombok (19/10/2023). Konferensi yang digelar yakni International Conference on Coastal and Delta Areas (ICCDA). FT Unissula menggandeng mitra dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri. Universitas tersebut antara lain Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) menjadi co-host utama. Beberapa universitas lainnya turut menjadi co-host, seperti Rotterdam University of Applied Sciences Belanda, Universitas Semarang, Universitas Lancang Kuning Riau, dan Universitas Sangga Buana Bandung.

Tema yang dibahas yaitu pengembangan smart infrastructure di daerah pesisir dan delta; tantangan perubahan iklim, mitigasi bencana, dan infrastruktur di daerah pesisir dan delta; kebijakan sosial-ekonomi, hukum, dan multi aspek lainnya untuk membangun lingkungan di area pesisir dan delta.

Ketua panitia, Ari Sentani, ST MSc menjelaskan tujuan utama konferensi adalah mempromosikan penelitian, pengembangan, dan pertukaran informasi ilmiah. Acara ini juga menjadi kesempatan membangun jaringan internasional untuk mendukung pengembangan rekayasa lingkungan.

Rektor Unissula, Prof Dr Gunarto SH MHum menyampaikan kegembiraannya atas terselenggaranya acara ICCDA ke-5. Ia mengakui pentingnya kolaborasi internasional dalam memahami dan mengatasi tantangan di daerah pesisir dan delta.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung keberlangsungan dan membuat acara ini bermakna, termasuk kepada semua panitia, para pembicara, partisipan, para tamu undangan dan seluruh hadirin. Semoga segala diskusi yang berlangsung dalam acara ini memperkuat komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di area pesisir dan delta,” ujarnya.

Rektor Unizar, Dr Ir Muh Ansyar MP., dalam sambutannya menyoroti aspek perubahan iklim yang tengah melanda dunia.

“Hadirin yang saya hormati, saat ini dunia sedang menghadapi banyak tantangan yang berhubungan dengan perubahan iklim, yang dampak masalahnya cukup signifikan terhadap daerah pesisir dan delta. Oleh karenanya, presentasi dan diskusi dalam seminar internasional ini sangat penting dalam rangka mengambil jalan yang positif untuk menyelesaikan masalah tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bappeda NTB Dr Ir Iswandi  MSi berharap di dalam forum yang terhormat ini, segala permasalahan yang terjadi di daerah pesisir dan delta dapat terselesaikan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Banyak pembicara dari dalam dan luar negeri memberikan wawasan penting mengenai perubahan iklim dan tantangan yang dihadapi daerah pesisir dan delta. Sesi pemaparan materi dipandu oleh Prof Dr Ir Imam Wahyudi DEA.

Para pembicara di antaranya Assoc. Prof. Dr. Kamarudin Bin Hj. Ahmad dari Universiti Teknologi Malaysia, Assoc. Prof. Dr. Hermin Poedjiastoeti, S.Si., M.Si., dari Unissula, Dr. Johannes Herbeck dari Universitat Bremen Jerman, dan Rick Heikoop dari Rotterdam University of Applied Sciences Belanda.

Setelah sesi tersebut, dilanjutkan dengan sesi diskusi paralel, dimana para peserta yang dibagi ke dalam beberapa ruangan, mempresentasikan penelitian dan makalah mereka.

Seluruh acara berlangsung lancar dan sukses, dengan pengumuman pemenang untuk “best paper” dan “best presenter”. Acara ditutup dengan sambutan dari Dekan Fakultas Teknik Unissula, Ir. Rachmat Mudiyono, MT., Ph.D.

ICCDA ke-5 telah membawa berbagai pemangku kepentingan bersama-sama untuk mengatasi tantangan di daerah pesisir dan delta, serta mempromosikan pengembangan lingkungan yang cerdas dan berkelanjutan. Melalui kolaborasi internasional seperti ini, diharapkan akan ada solusi yang lebih baik untuk menjaga lingkungan di area pesisir dan delta yang semakin penting di tengah perubahan iklim global.

Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.

0 Response to "FT) Unissula Mengadakan Konferensi Internasional Yang Dilangsungkan di Lombok"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel