-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Unissula Semarang Resmi Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun 2024

DSC09417Semarang, lintasone.com - Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang resmi membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2024. Calon mahasiswa baru dapat memilih 42 prodi dari D3, S1,S2, dan S3. Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH mengatakan, dalam PMB tahun 2024 kali ini Unissula menargetkan menerima 6.161 mahasiswa baru.

”Capain jumlah mahasiswa yang diterima selalu melebihi target. Pada PMB 2023, jumlah mahasiswa baru yang diterima Unissula 7.033 mahasiswa baru atau melampui target yang telah ditetapkan yakni 5.698 orang. Capaian 7.033 mahasiswa baru angkatan 2023, yang diraih Unissula merupakan yang tertinggi di antara Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Jawa Tengah. Jadi, untuk capaian PMB 2024 diharapkan akan melampaui target juga,” jelasnya, Senin (9/10/2023) kepada wartawan.

Menurut Prof Gunarto pada PMB 2024 untuk biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Dana Pengembangan Institusi (DPI) tidak naik. Dalam artian masih seperti tahun sebelumnya.
Selain itu, Unissula juga membuka jalur beasiswa. Antara lain beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK), Khaira Ummah, beasiswa Hafidz Al Quran, Beasiswa Cemerlang, Beasiswa Baznas, beasiswa Anak alumni dan lain-lain. PMB juga dibuka untuk mahasiswa asing.

”Ada banyak kemudahan PMB di Unissula antara lain proses pendaftarannya dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja dengan mengisi form pendaftaran dan mengupload berkas persyaratan di website https://pmb.unissula.ac.id. Unissula membuka beberapa jalur pendaftaran. Yakni, PMB jalur online yakni ujian seleksi masuk menggunakan nilai raport bagi siswa kelas 12 atau yang sudah lulus SMA sederajat,” jelasya.
PMB Jalur Tertulis, yakni ujian seleksi masuk Unissula menggunakan ujian tertulis yang dilakukan secara offline di kampus. Juga membuka Jalur Prestasi yang diperuntukkan bagi Prodi Kedokteran Umum dan Prodi Kedokteran Gigi.

Lebih lanjut Rektor Unissula mengatakan, Unissula terakreditasi institusi Unggul dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi Nasional (BAN-PT). Demikian pula mayoritas prodi di Unissula juga telah terakreditasi Unggul dan A. Selain terakreditasi nasional Unissula juga terakreditasi internasional dari lembaga akreditasi dunia ASIC yang berbasis di Inggris dan terakreditasi Abest21 yang berbasis di Jepang.
”Semua lulusannya memperoleh pekerjaan kurang dari tiga bulan. Bahkan banyak mahasiswa Unissula yang telah mendapat pekerjaan sebelum di wisuda karena Unissula punya jaringan kerjasama dengan berbagai dunia industri dan dunia pendidikan,” jelasnya didampingi para wakil rektor.

Unissula unggul dalam pemeringkatan universitas kelas dunia antara lain Webometrics yang merupakan lembaga pemeringkatan universitas paling populer di dunia yang berbasis di Spanyol menempatkan Unissula sebagai universitas swasta terbaik di Kota Semarang. Unissula juga menduduki peringkat ke 10 PTS terbaik di Indonesia dan menempati rangking ke 45 diantara PTN dan PTS dari kurang lebih 4.500 institusi pendidikan tinggi di Indonesia.

Juga Unirank yang berbasis di Australia menempatkan Unissula di peringkat 56 perguruan tinggi berbasis Islam di dunia. Untuk Edurank yang berbasis di Amerika Serikat menempatkan Unissula sebagai kampus swasta terbaik di Semarang. Sedangkan Scimago Instuitutions Ranking yang berbasis di Spanyol menempatkan Unissula sebagai universitas peringkat ke 10 nasional di tahun 2023 ini.

Bahkan Times Higher Education, baru saja merilis Times Higher Education World University Rangking pada awal Oktober 2023 ini menempatkan Unissula sebagai PTS terbaik di Jawa Tengah, peringkat 6 PTS se Indonesia dan peringkat ke 27 dari semua PTN dan PTS se Indonesia.

Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.

0 Response to "Unissula Semarang Resmi Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun 2024"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel