-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

PBSI Dan Fakultas Teknologi Industri Unissula Membuat Inovasi Alat Terapis Bicara

(20) Spots Ring

Semarang, lintasone.com - Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan Fakultas Teknologi Industri Unissula membuat inovasi alat terapis bicara. Mereka adalah Rita, Durota Nurul Aini, Nisfa Nazaria, Septia Saufa Tasya Kamila, Muhammad Iqbal Saifur Rohman. Alat yang mereka buat adalah Boneka Spots Ring (Smart Hippo Talk Solusi Hypohearing)

Rita menjelaskan Spots Ring merupakan inovasi dari pengembangan boneka berbentuk hippo (kuda nil) yang di dalamnya terdapat komponen elektronik berisi rekaman tentang benda-benda maupun jenis buah yang dapat membantu meningkatkan sensorik anak pada penderita ASD.

Kelebihan dari Spots Ring yaitu didesain menarik. “Mampu meningkatkan sensorik anak terhadap bunyi yang dihasilkan. Dibuat dengan rancangan mesin yang ramah anak, ramah lingkungan, serta harganya terjangkau dengan kualitas suara yang jernih”, ungkap Rita (20/11/2023).

ASD atau yang biasa dikenal dengan tuna laras merupakan jenis gangguan berbicara yang menyebabkan penderita tidak responsif terhadap dunia di sekitarnya. Secara umum pada penyandang autis terdapat problem neurologis yang mempengaruhi pikiran, persepsi dan perhatiannya yang kemudian mempengaruhi perilaku.

Dalam ASD terdapat variasi yang sangat beragam antar penyandangnya. Masing-masing memiliki kemampuan, simtoma dan kesulitan yang unik baik dalam hal keterampilan sosial, berkomunikasi dan berperilaku. Salah satu bentuk kekurangpekaan dari penderita ASD ialah hypohearing.

Boneka yang akan kami kembangkan ini, berbentuk binatang kuda nil yang memiliki komponen elektronik di dalam bagian dadanya yang berisi rekaman audio penyebutan kata kerja harian, ekspresi perasaan, hewan, dan jenis barang yang sering ditemukan di sekitar kita.

Prinsip kerja dari boneka ini sangat sederhana. Boneka ini menggunakan bahan-bahan elektronik yang mudah ditemukan dan tentunya aman, karena komponen elektronik tersebut dibungkus dalam kotak yang nantinya akan ditempatkan di dalam boneka ini.

Selain Spots Ring, kami juga akan mendesain hand puppet sebagai media bermain anak untuk menirukan kembali suara yang dikeliuarkan Spots Ring. Hand puppet atau boneka tangan adalah sebuah media alat bantu boneka yang bisa dimasukan kedalam tangan berbentuk tiruan manusia, hewan, sayuran dan buah-buahan untuk menarik perhatian anak. Dengan demikian, anak penyandang ASD atau tuna laras dapat meningkatkan kepekaan dalam mencari suara dan membantu anak mengenal kata.

Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.

0 Response to "PBSI Dan Fakultas Teknologi Industri Unissula Membuat Inovasi Alat Terapis Bicara"

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel