-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Pembangunan Sekolah SMP Negeri 4 Teluk Keramat Diduga Ngurangi Spesifikasi Dalam RAB

Sambas, lintasone.com - Pemerintah Pusat telah menggelontorkan bantuan berupa sarana pra sarana pembangunan di bidang pendidikan dimana bentuk bantuan tersebut untuk meningkatkan kemajuan di bidang pendidikan mulai dari tingkat terendah sampai tingkat teratas.-
pemerintah melalui bantuan DAK (Dana Alokasi Khusus) telah direalisasikan ke masing - masing wilayah Rabu (19-10-2023).

Salah satunya proyek pembangunan Sekolah SMP Negeri 4 Teluk Keramat Jalan Raya Teluk Durian, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, yang dikerjakan oleh Kontraktor CV.VELA MITRA PROPERTI dengan anggaran senilai Rp 3.136.511.000.00 dari sumber dana APBD (DAK ta 2023) di duga tidak sesuai Spesifikasi RAB.

Pasalnya, pembangunan dengan menggunakan anggaran dari dana alokasi khusus (DAK), di duga menggunakan beberapa material seperti, tidak menggunakan SNI, begitu pula  kerangka menggunakan kayu lokal dan kayu lama, begitu juga pondasi bangunan tidak menggunakan pasir uruk hanya di timbun menggunakan tanah setempat.

"Dari hasil pantauan awak media bersama tim 5 september sampai 18 Oktober 2023, terlihat jelas para pekerja tidak memakai K3 seperti rompi, sarung tangan, safety boots dan helm proyek sebagai Alat Pelindung Diri (ADP) pada saat bekerja terlebih ketinggian bangunan tersebut.

Anehnya, beberapa kali awak media memantau kegiatan proyek tersebut,  Konsultan Pengawas selalu tidak berada di lokasi pembangunan.

" Pimpinan Umum Ungka Fakata Rudi Kurniawan menyebutkan, bahwa pelaksana dan juga konsultan pengawas kurang efektif dalam kinerjanya.
Hal itu ketika beberapa kali awak media kelokasi proyek tersebut " tidak di temui dilapangan.(3/11/2023).

Tugas utama seorang pelaksana lapangan adalah mempersiapkan pelaksanaan proyek dengan sebaik - baiknya.
Dari saat proyek dimulai sampai dengan proyek selesai, dari hal - hal kecil sampai dengan hal - hal yang besar.

" Selain pelaksana proyek, Konsultan pengawasan tutur Rudi Kurniawan tidak ditemui di lokasi kegiatan " padahal pekerjaan sedang berjalan.

Lingkup tugas Konsultan Pengawas adalah memberikan layanan keahlian kepada para pekerja dan sebagai Tim Pengelola Teknis yakni melaksanakan tahap pelaksanaan konstruks, jika tidak ada ditempat pekerjaan saat pembangunan bagaimana akan sesuai dengan ketentuan," Tegas Rudi K.

Rudi Kurniawan meminta, baik pelaksana proyek maupun konsultan pengawas agar efektif dalam kinerjanya, dan bersama dengan kontrol sosial untuk saling terbuka, khususnya spesifikasi RAB.

" Agar pembangunan sesuai dengan prinsip transparansi, maka baik konsultan maupun pengawas tidak tertutup kepada publik" terutama spesifikasi RAB.
Hal ini bertujuan agar pembangunan sesuai ketentuan petunjuk dan juga aturanya," kata Rudi K.

Saat di konfirmasi salah satu saudara.. awalnya mengaku pengawas lalu mengatakan dirinya sebagai penyambung menyebutkan, terkait kerangka atap ada sebagian di pasang kayu baru dan ada juga menggunakan kayu lama dengan alasan masih kuat.
Itupun mana yang diganti atau tidak, ada 10% persen yang diganti, ada 50% persen diganti dan 70% persen," Ucapnya.

Lanjutnya, memang ada salah satu bangunan miring, tapi sudah di perbaiki," ujarnya

Awak Media Ungkap Fakta bersama tim mencoba konfirmasi Kabid Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas Agus Arezal SH.M.sp ia mengatakan ;

" Hal yang sama, tgl 28 Agustus sudah di kirim ke direktur pusat tindak lanjut hasil investigasi kawan kawan media, sudah di tindak lanjuti hal yang sama.

Lanjut, Dan pelaksana memang udah melakukan apa yang telah kita sampaikan kepada mereka.
Terkait dengan kayu bekas dan selanjutnya, udah apa ya " memang rehap seperti itulah, memang sesuai dengan RAB nya," Ujar Kabid.

Awak media berusaha konfirmasi kepada Kadis Dinas Pendidikan Sambas Sameto Hadi Suseno melalui Via WhatsApp menyebutkan, kemarin saya juga sudah mengimfokan bahwa silakan koordinasi dengan PPK ( Kabid SMP ) dan Sekertaris Dinas," Ucapnya melalui Via WhatsApp.

Senin 16 Oktober 2023 awak media mencoba mendatangi Dinas Pendidikan ingin ketemu PPK, namun salah satu staf mengatakan " Yang Jelas Kabit Kasi ke Jakarta," Ucap Staf dengan nada sinis.

Hingga berita ini di terbitkan, awak media beberapa kali mencoba konfirmasi kepada pihak konsultan pengawas selalu tidak ada di tempat kerja.
Reporter : Jemi (Tim).

0 Response to "Pembangunan Sekolah SMP Negeri 4 Teluk Keramat Diduga Ngurangi Spesifikasi Dalam RAB"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel