-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Prodi PGSD Unissula Membuat Inovasi Produk Kewirausahaan

(17) Sam Smart

Semarang, lintasone.com - Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi PGSD Unissula membuat inovasi produk kewirausahaan yang dapat menunjang gaya hidup berkelanjutan, gizi seimbang, dan meningkatkan literasi. Inovasi tersebut merupakan karya orisinal dari kelima mahasiswa yakni Sabar Kuswanto, Annisa Fatkhiya’ Dinia, Setyo Wuri Kartika Nugraheni, Ramadhan Dwi Ardianzah, dan Elsa Aprilia.

Kejelian tim Kewirausahaan PGSD Unissula dalam menemukan masalah yang terjadi dalam masyarakat yaitu seperti yang dituturkan oleh Sabar Kuswanto, “Masyarakat mencari upaya untuk mengurangi jajan sembarangan pada anak usia sekolah dengan cara membawa bekal makanan. Dengan demikian anak diharapkan mendapatkan pemenuhan gizi seimbang dari rumah. Selain itu, juga untuk mengkampanyekan pentingnya menjaga lingkungan”, ungkapnya (17/11/2023).

Adanya hal tersebut membuat tim kewirausahaan berdiskusi, berkolaborasi dengan Yunita Sari MPd selaku dosen pendamping, dan akhirnya menemukan sebuah solusi dengan menciptakan produk inovasi yang menggabungkan keterampilan yang telah diajarkan oleh PGSD Unissula yaitu keterampilan membuat komik digital.

“Keterampilan membuat komik digital yang diajarkan tidak hanya untuk membuat media pembelajaran di kelas saja, karena keinovatifan bisa menjadi terobosan usaha yang baru” ungkap Yunita.

Seperangkat Alat Makan (SAM)  Smart for Kids adalah nama produk inovasi yang mereka ciptakan. Seperangkat alat makan yang terdiri dari bekal makanan, botol minum, sendok, sumpit, garpu, dan totebag dilengkapi sebuah komik digital yang menarik dan edukatif.

Komik digital dengan karakter berbentuk sayur dan buah-buahan serta cerita komik yang mengaitkan masalah disekitar anak-anak agar menjaga pola makan, hidup sehat, dan tidak abai dalam menjaga lingkungan. Produk inovasi SAM Smart tentunya merupakan satu-satunya produk seperangkat alat makan yang dilengkapi komik. Komik SAM Smart juga mudah diakses oleh seluruh pengguna internet dengan melakukan scan kode QR pada Google.

Produk SAM Smart telah dipasarkan secara offline dan online. Secara online bisa dipesan melalui akun Instagram @samsmart23_ Shopee (Samsmart23). Sedangkan store offline membuka stand berbagai tempat di sekitar Kota  Semarang dan melakukan sosialisasi di instansi sekolah-sekolah.

SAM Smart telah mendapat validasi dari beberapa ahli dan terbukti dapat mengedukasi anak dalam menjaga gizi seimbang. Review yang baik dari konsumen tentunya telah menjadi bukti bahwa produk SAM Smart sangat worth ituntuk dibeli.

Seperti yang tertera pada review Shopee milik SAM Smart, Lengkap, lucu, menarik, dan mengedukasi. Kedepannya, usaha SAM Smart akan memiliki perijinan usaha. Harapannya SAM Smart menjadi salah satu inspirasi bagi kita semua untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha, terus berkreativitas, dan tentunya selalu menerapkan gaya hidup berkelanjutan.

Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.

0 Response to "Prodi PGSD Unissula Membuat Inovasi Produk Kewirausahaan"

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel