-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Lesbumi MWCNU Rembang Kabupaten Pasuruan Unjuk Seni Gebluk

Pasuruan, lintasone.com - Lembaga Seniman dan Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan unjuk seni Gebluk pada pertunjukan di salah satu panggung Taman Mini Indonesia, tepatnya di anjungan Jawa Timur.

Lesbumi MWC NU Rembang yang dikomandani Gus Zainul Arifin dan Ning Wiwik berangkat ke Jakarta unjuk kebolehan pada tanggal 5-7 Desember 2023.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Lesbumi MWC NU Rembang, Gus Zainul Arifin menyampaikan terimakasihnya pada H Rohani Siswanto yang telah mengawal sejak pemberangkatan hingga pelaksanaan. 

Lantas Gus Zainul juga menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan dan mengenalkan budaya asli Rembang. 

Dalam penampilannya, Ning Wiwik yang merupakan cicit dari KH Zainal Abidin membawakan 7 syair diantaranya 2 syair karya kyai Abdur Rosyid dan 5 syair karya kyai Zainal Abidin. 

Tiap lagu diselingi drama dan teartean (bahasa madura) yaitu penjelasan atau uraian dari syair itu sendiri. 

Menutup penampilan kontingen Lesbumi tersebut, Rohani Siswanto, menyampaikan terimakasihnya pada Badan Penghubung Daerah Jatim termasuk pengelola anjungan Jatim di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

"Kita berharap semua bersama sama ikut serta melestarikan budaya seni Gebluk ini," ujarnya.

Diketahui, seni Gebluk adalah salah satu kesenian khas dari Rembang Kabupaten Pasuruan Jawa Timur bermuatan syair-syair yang diiringi tepukan tangan dan gebukan bantal.

Konon, seni Gebluk ini disusun oleh kyai Zainal Abidin dan kyai Abdur Rosyid di Rembang sejak sebelum zaman kemerdekaan dan tetap lestari hingga kini, yang bertujuan untuk mengenalkan  ajaran agama Islam. (Red/qomar).

0 Response to "Lesbumi MWCNU Rembang Kabupaten Pasuruan Unjuk Seni Gebluk"

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel