-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Pj Bupati Lumajang Didampingi Wakil Ketua DPRD Hadir Dalam Puncak Prosesi Harjalu Ke-768

Lumajang, lintasone.com – Wakil Ketua DPRD kabupaten Lumajang H Akhmat ST, yang juga merupakan politisi dari PPP dan Calon Legislatif (Caleg) DPR Provinsi dapil Lumajang – Jember hadir turut mendampingi Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni dalam acara Puncak Prosesi Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-768. Pendopo Arya Wiraraja dan Alun-Alun Kabupaten Lumajang berubah menjadi arena megah pada Jumat (15/12/2023) pagi, saat berlangsungnya puncak prosesi Harjalu.

Rombongan Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Bunda Indah) didampingi Wakil Ketua DPRD Lumajang H Akhmat ST beserta Forkopimda Kabupaten Lumajang memulai perjalanan mereka dari Pendopo Arya Wiraraja, menyusuri jalanan dengan arak-arakan penuh kegembiraan. Prosesi Harjalu yang dipenuhi semangat tradisional tersebut diawali dengan pertunjukan teatrikal di Pendopo Arya Wiraraja. Teatrikal tersebut memukau penonton dengan cerita Penobatan Raja Lumajang yang tercatat dalam Prasasti Mula Malurung.

Narasi tersebut mengekspresikan bagaimana Nararya Kirana, putra Nararya Sminingrat, menjadi juru Lamajang dan pelindung dunia di negara Lumajang. Dalam sambutannya, Pj. Bupati Lumajang mengingatkan pentingnya menjaga amanat dan semangat yang tertanam dalam sejarah Kabupaten Lumajang. “Amanat dan semangat itu, perlu kita jaga dan teruskan untuk pembangunan dan pengembangan kabupaten Lumajang”, ujar Bunda Yuyun.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa pembangunan kabupaten Lumajang diarahkan pada peningkatan sektor pelayanan masyarakat, ekonomi, SDM, infrastruktur, perencanaan penanggulangan bencana, tata kelola birokrasi, dan keamanan. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang yang turut bersinergi dalam memperingati Hari Jadi Lumajang ke-768, sehingga berjalan dengan lancar dan meriah”, ungkap Bunda Yuyun.

Wakil Ketua DPRD kabupaten Lumajang H Akhmat dalam wawancaranya dengan awak media mengatakan, “Momentum Hari Jadi Lumajang sangat luar biasa hari ini, meskipun dilaksanakan oleh seorang Pj. Dengan segala keterbatasan anggaran, acaranya sangat-sangat sakral sekali. Ini menunjukkan bahwasanya kita dari tahun ke tahun selalu berbenah untuk demi Lumajang yang lebih baik. oleh karena itu kami juga mengharap dan menghimbau kepada seluruh masyarakat dengan Harjalu ke-768 ini”, ujarnya.

“Kita harus senantiasa bisa bersemangat meskipun umur sudah 768 tahun namun semangat tidak boleh kendor untuk mewujudkan Lumajang yang lebih baik lagi kedepan. Karena, jujur ini adalah kita juga akan menghadapi pemilu di tahun 2024 dan juga sekaligus akan ada event pilkada untuk menentukan seorang pemimpin yang ada di kabupaten Lumajang. Oleh karena itu kami menghimbau dan berharap kepada semua masyarakat, semua elemen masyarakat untuk senantiasa berjuang bersama-sama bersinergi kepada semua stakeholder demi Lumajang yang kita cintai bersama”, pungkas Akhmat.

Puncak Harjalu semakin memukau dengan penampilan seni dari siswa-siswi di Kabupaten Lumajang. Tarian-tarian seperti Gelipang Rodat, Jaran Slining, Tari Godril, Tari Topeng Kaliwungu, Jaran Kencak, dan Tari Kopyah menambah warna dan keindahan acara. Rangkaian puncak prosesi ditutup dengan grebeg gunungan hasil bumi, yang mengandung filosofi sebagai bentuk doa, dengan harapan bisa membawa keberkahan bagi masyarakat Lumajang. Puncak Harjalu ke-768 tidak hanya menjadi acara peringatan, namun juga simbol keberagaman dan kemakmuran yang terus diperjuangkan oleh Kabupaten Lumajang.

Reporter : Atman.

0 Response to "Pj Bupati Lumajang Didampingi Wakil Ketua DPRD Hadir Dalam Puncak Prosesi Harjalu Ke-768"

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel