-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Program Doktor Teknik Sipil Fakultas Teknik Unissula, Siti Berhasil Mempertahankan Disertasinya

WhatsApp Image 2024-05-28 at 16.29.58

Semarang, lintasone.com - Keberadaan ruang terbuka publik menjadi kebutuhan yang mendesak di area perkotaan. Namun keberadaannya sangat terbatas. Hal itu disampaikan Sitti Wardiningsih dalam ujian terbuka di Program Doktor Teknik Sipil Fakultas Teknik Unissula (27/5/2024).

Lebih lanjut ia menjelaskan ruang terbuka publik komunal merupakan bentuk ruang publik yang digunakan secara bersama-sama dan dapat diakses masyarakat sebagai area berkumpul, berinteraksi, berkomunikasi, beraktivitas, dan berekreasi. Daerah bantaran sungai dinilai dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan ruang publik perkotaan.


Lokasi penelitian yang ia lakukan yaitu di Daerah Milik Sungai Banjir Kanal Timur yang saat ini telah dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat rekreasi publik, namun kondisinya jauh dari sempurna. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi dan menganalisa kondisi eksisting, kinerja fungsi Daerah Milik Sungai, karakteristik lahan, karakteristik pengguna, regulasi yang berlaku, dan menentukan kriteria dan alternatif fungsi pemanfaatan lahan area dengan membagi kelompok area kegiatan.

Metode yang dipakai adalah deskriptif kualitatif, yaitu pengumpulan data primer dan sekunder dengan mengeksplorasi kedudukan penelitian dengan kajian jurnal, indentifikasi melalui observasi, behavior mapping, wawancara, dan forum group diskusi. Kuesioner diberikan kepada responden sebagai pengguna hasilnya untuk mengakomodir kepentingan ruang terbuka publik baik sebagai ruang komunikasi sosial (Social Community Open Space), aksesibilitas, keamanan, kenyamanan, kebersihan, keindahan, keteduhan, fasilitas, dan estetika dalam ruang terbuka publik. Analisis data secara deskriptif evaluatif menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) untuk mendapatkan nilai kepuasan dan penentuan pemanfataan lahan optimal data kuesioner untuk diolah menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP),

Strategi pengembangan kawasan menggunakan analisis Strengths,Weakness, Opportunites dan threaths (SWOT), kemudian membuat model. Penelitian meliputi karakteristik pengguna, kondisi lahan, pemanfaatan lahan, serta regulasi yang ada sebagai pendukung. Kajian pustaka, Forum Grup Disscustion dan Benchma

rkingHasil analisis pemilihan kriteria alternatif fungsi zona dilanjutkan membuat Model Pemanfaatan Daerah Milik Sungai adalah Perencanaan berupa model desain site plan kawasan. Ruang Komunitas Sosial berbasis Ruang Terbuka Publik disusun sesuai dengan kebutuhan dan dapat digunakan sebagai acuan kota-kota lain secara berkelanjutan. Kesimpulan yang diperoleh yaitu terwujudnya Ruang Komunitas Sosial Banjir Kanal Timur sebagai ruang terbuka publik di perkotaan yang bersifat sosial dimanfaatkan bersama dan tetap memperhatikan fungsi hidrologi Banjir Kanal Timur dan ekologi kota yang berkelanjutan.

Para penguji dalam siding terbuka doktor tersebut adalah Dr Abdul Rochim ST MT, Prof Dr Ir S Imam Wahyudi DEA, Dr Henny Pratiwi Adi ST MT dan Prof Jati Utomo D H ST MM MSc PhD. Penguji lainnya yaitu Prof Ir Pratikso MST PhD, Prof Dr Ir Antonius MT dan Dr Ir Kartono Wibowo MM MT.

Sitti berhasil mempertahankan disertasinya dan lulus dalam ujian terbuka tersebut. Ia akan mengikuti prosesi wisuda di bulan Juni 2024 ini.(Tik).

0 Response to "Program Doktor Teknik Sipil Fakultas Teknik Unissula, Siti Berhasil Mempertahankan Disertasinya"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Hari Bhayangkara Ke-78

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel