-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Antisipasi dan Kesiapan Penanganan Bencana, Polres Bengkayang Gelar Apel Pengecekan Sarpras

Bengkayang Lintasone,com - Polres Bengkayang - Dalam rangka antisipasi dan kesiapan dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Bengkayang, Polres Bengkayang Polda Kalbar menggelar Apel pengecekan Sarpras Penanganan Bencana tahun 2022, Kamis (20/01/22).

Apel dipimpin oleh Kapolres Bengkayang AKBP Arif Agung Winarto, S.I.K. dihadiri oleh Wakil Bupati Bengkayang Drs. H. Syamsul Rizal, Danramil Bengkayang Kapten Inf. Aswani Kunto serta tamu undangan dan seluruh personel Polres Bengkayang.

Dalam arahannya, AKBP Arif Agung Winarto mengatakan Apel siaga bencan ini digelar untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana di Bengkayang seperti banjir, longsor dn puting beliung.

“Seperti yang kita ketahui bahwa telah bencana alam puting beliung di Kota Pontianak dan pernah juga terjadi bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Bengkayang yang berdampak gangguan kamtibmas, ekonomi dan kontijensi”, katanya.

Kapolres Bengkayang meminta untuk melakukan langkah-langkah penanganan terpadu dengan melakukan pendataan daerah rawan, jumlah rumah dan penduduk yang tinggal didaerah rawan serta sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu waspada.

“Lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait untuk menyiapakan tempat pengungsian dan bantuan berupa sembako, obat-obatan serta tenaga medis untuk membantu korban bencana. Siagakan personel dan sarpras untuk evakuasi korban dan memberikan bantuan”, pintanya.

Diakhir amanatnya, Kapolres Bengkayang meminta untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan teknis dan non teknis anggota khususnya dengan penanganan dan pasca bencana serta tingkatkan deteksi dini bencana alam.

“Mitigasi diwilayah rawan terjadinya bencana alam dengan pembuatan rambu-rambu jalur evakuasi untuk mengarahkan masyarakat menuju titik kumpul atau area aman dari bencana”, tutupnya.

Setelah pelaksanaan apel, Kapolres Bengkayang bersama Wakil Bupati Bengkayang melihat serta mengecek langsung peralatan dan kendaraan untuk penanggulangan bencana yang telah digelar di lapangan dengan menghadirkan peralatan dari Polri, BPBD, Manggala Agni dan Damkar.

Kabiro bengkayang : jemi

0 Response to "Antisipasi dan Kesiapan Penanganan Bencana, Polres Bengkayang Gelar Apel Pengecekan Sarpras "

Posting Komentar

DPRD Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2024

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel