-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

PT.RMU bersama Korem 102/Panju Panjung Menggelar Apel Siaga Kebakaran Hutan

Kotim, lintasone.com - Dalam rangka kesiapan menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat memasuki musim kemarau tahun 2022 ini, PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) bersama Komando Resor Militer (KOREM) 102 Panju Panjung menggelar apel siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), pada pelaksanaan kegiatan Apel Gabungan ini sekaligus dilakukan  Gelar Personil dan Materiil Latihan Posko I dan II.

Apel Siaga Karhutla yang digelar di Stadion 29 November Sampit, Kamis (3/02/2022) ini dihadiri  Wakil Bupati Kotim Irawati, Ketua DPRD Kotim Rinie, Dandim 1015/Spt Letkol Inf Abdul Hamid, Kapolres Kotim AKBP Sarpani serta unsur Forkopimda lainnya.

Peserta apel berasal dari para prajurit TNI dan Polri, BPBD Kotim, Pemadam Kebakaran serta instansi terkait dan personil PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU).

Pelaksanaan Apel Gabungan ini dipimpin langsung oleh Komandan Korem (Danrem) 102 Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, S.E., M.M.

Dalam amanatnya dihadapan peserta apel, Danrem 102/PJG Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, S.E., M.M mengharapkan kerjasama yang baik antar TNI, Polri serta instansi terkait dalam upaya penanggulangan ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Manfaatkan momen kebersamaan ini untuk saling berkoordinasi, bersinergi, bahu membahu melatih skill serta keterampilan penanggulangan bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)", kata Danrem.

Danrem juga melakukan pemeriksaan persiapan personil dan peralatan yang akan dipergunakan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Usai memimpin Apel Siaga Karhutla ini Danrem menyampaikan apresiasinya atas kekompakan pihak swasta yang didukung oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kotim dalam upaya penanggulangan Karhutla.

"Semoga dengan kekompakan ini upaya pencegahan dan penanggulangan bencana tersebut dapat berjalan dengan maksimal, karena secara menyeluruh Kalteng ini wilayahnya gambut yang rawan terbakar", ucap Danrem dihadapan sejumlah awak media.

Sementara itu General Manager (GM) PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) Taryono Darusman mengungkapkan, salah satu ancaman terbesar dalam upaya menjaga hutan rawa gambut ini adalah kebakaran hutan dan lahan.

"Untuk itu diperlukan langkah kongkrit serta rencana strategi yang terukur dalam penyelenggaraan operasi pencegahan serta pengendalian kebakaran hutan rawa gambut, untuk mencapai dan menanggulangi ancaman Karhutla ini kami membangun sinergitas dan koordinasi dengan para pihak terkait, dan salah satunya dengan pihak TNI khususnya Danrem 102 Panju Panjung melalui Apel Siaga Karhutla ini", jelas Taryono.

PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) adalah sebuah perusahaan swasta yang bergerak dibidang Restorasi Ekosistem dan Konservasi Hutan Rawa Gambut, pengelola proyek 'Katingan Mentaya' dengan wilayah kerja seluas 157.875 hektar, di Kabupaten Katingan dan Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.

Beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan usai Apel Siaga Karhutla ini diantaranya adalah latihan Pos Komando (Latposko) PT.Rimba Makmur Utama, tujuannya untuk melakukan evaluasi kegiatan Operasi Pencegahan dan Pemadaman Karhutla 2021 yang melingkupi, upaya pencegahan, operasi pemadaman meliputi upaya pengendalian kebakaran, menguji secara teknis dan mengevaluasi SOP Karhutla, manajemen operasi kegiatan serta operasi penanggulangan pasca kebakaran.

Dan capaian kegiatan meliputi, mengetahui serta menginventarisir seluruh aspek kendala dalam kegiatan operasi Dalkarhutla dari seluruh peserta evaluasi dengan harapan menjadi bahan berupa rekomendasi dan petunjuk teknis/ petunjuk pelaksanaan serta strategi operasi Dalkarhutla tahun berikutnya, membangun strategi dalam melaksanakan kegiatan serta operasi pencegahan dan pemadaman Karhutla 2022, serta mengembangkan sikap mental serta perilaku dalam kesiapsiagaan pelaksanaan operasi.
(Tomi).

0 Response to "PT.RMU bersama Korem 102/Panju Panjung Menggelar Apel Siaga Kebakaran Hutan"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel