-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Ikuti Malam Pitulikuran Agung, DPC PJI Sidoarjo Bagikan Paket Sembako di Desa Sumokali

Sidoarjo, lintasone.com – Di hari-hari terakhir menjelang HariRaya Idul Fitri 1443 H ini, para pengurus DPC PJI Sidoarjo berkunjung ke Pondok Pesantren Roudlotul Hasanah di desa Sumokali Kecamatan Candi. 

Selain bersilaturahmi, dalam kunjungan ini rombongan para jurnalis tersebut juga ingin mengikuti tradisi unik yang biasa dilakukan warga sempat ketika Ramadan sudah memasuki sepuluh hari terakhir. Salah satunya, yakni tradisi ‘Malam Pitulikuran Agung’ yang jatuh tepat pada hari ini, Kamis (28/04/2022). 

Menurut salah satu tokoh masyarakat desa Sumokali, H Abd Latif, selaku penerus perjuangan KH Ach Duha Mashudi (Alm), tradisi ini dilakukan masyarakat secara turun temurun. Tidak hanya diikuti oleh masyarakat desa setempat, banyak juga warga dari luar yang ikut hadir. 

Ia menuturkan, di sepuluh hari terakhir ini keimanan umat Muslim akan semakin diuji. “Apakah kita masih bisa istiqomah melatih diri dari belenggu hawa nafsu atau justru malah sebaliknya. Mana yang akan kita pilih, apakah semakin fokus beribadah atau sibuk berburu diskonan,” jelasnya.

“Biasanya menjelang Lebaran seperti ini, banyak orang menghabiskan waktu untuk belanja. Tapi disini kami mengisinya dengan beragam kegiatan positif, seperti munajat bersama, i'tikaf dan berdzikir sepanjang malam,” sebut  H Latif

Lebih lanjut dijelaskannya, seluruh umat Islam, termasuk warga Sumorame meyakini, di sepuluh hari terakhir Ramadhan seperti sekarang ini, Allah SWT akan menurunkan banyak keberkahan, termasuk datangnya Lailatul Qodar.

Sementara itu Pembina DPC PJI Sidoarjo, Ludy E. Pramono mengaku kagum dengan warga Sumorame yang masih setia mempertahankan tradisi ‘Malam Pitulikuran Agung’ sebagai bentuk local wisdom atau kearifan lokal.
“Malam Pitulikuran Agung ini merupakan budaya lokal yang sarat dengan nilai-nilai luhur untuk membangun karakter masyarakat. Karena itu harus terus dijaga kelestariannya hingga ke generasi-generasi mendatang. Luar biasa,” ujarnya.

Di akhir kunjungan, para pengurus DPC PJI Sidoarjo yang dikomandoi Medy ......, menyampaikan  bantuan sosial berupa paket sembako untuk para lansia dan janda-janda tua di Desa Sumorame.
"Selain bersilaturrahim, kita juga ingin berbagi di momen Ramadan Berkah ini. Semoga bisa bermanfaat," pungkas Ludy. (Lik/Hum).

0 Response to "Ikuti Malam Pitulikuran Agung, DPC PJI Sidoarjo Bagikan Paket Sembako di Desa Sumokali"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel