-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Cegah Demam Berdarah, Ponpes Al Qodiri Di Foging Sebelum Kedatangan Santri

Jember, lintasone.com - Sebagai antisipasi penyebaran penyakit demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti, ratusan ruang asrama santri di Pondok Pesantren Al Qodiri, Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, Jember, Rabu (11/05/22) di fogging oleh relawan Palang Merah Indonesia.

Fogging ini sengaja dilakukan oleh pengurus pondok pesantreng tepat sehari jelang kedatangan santri pasca libur panjang Bulan Suci Ramadhan dan Perayaan Idul Fitri. Selain asrama tempat santri bermukim, tempat menimba ilmu pendidikan dan agama serta perkantoran menjadi sasaran dalam fogging tersebut. 

“Besok santri akan kembali ke pondok pesantren setelah libur ramadhan dan idul fitri, agar tidak terkena demam berdarah, jadi kami selaku pengurus pondok pesantren berusaha melakukan pencegahan yakni fogging yang dilakukan oleh relawan PMI Jember,” kata Achmad Baihaqi, Biro Kepesantrenan Ponpes Al Qodiri. 

Dalam pelaksanaan fogging, kamar mandi yang ada di setiap asrama baik putra maupun putri juga menjadi perhatian oleh relawan. Tempat tersebut menjadi kunci utama karena lembab serta masih ditemukan genangan air yang mempercepat perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti. 

Menggunakan dua mesin fogging, relawan PMI satu persatu melakukan pengasapan di seluruh lingkungan pondok pesantren yang memliki 4000 santri mulai pukul 08.30 hingga 13.00 WIB. Pencegahan tersebut juga dilakukan oleh pondok pesantren lain yang ada di jember. 

“ada permintaan pencegahan penyebaran penyakit demam berdarah dari pengurus pondok pesantren, dan hari ini sebanyak 9 personil dari PMI Jember datang ke sini untuk melakukan fogging, apalagi besok santri sudah mulai kembali ke Pondok Pesantren,” ujar Rupianto, SP Kepala Markas PMI Jember. 

Dari data kementrian agama, kabupaten jember memiliki 611 pondok pesantren, banyaknya pondok membuat jumlah santri yang bermukim cukup banyak yakni 12.381 santri. Karenanya, PMI Jember juga memberi perhatian pada pondok pesantren yang mengajukan permohonan layanan fogging demi kesehatan dan keselamatan santri dari serangan penyakit. (herry).

0 Response to "Cegah Demam Berdarah, Ponpes Al Qodiri Di Foging Sebelum Kedatangan Santri"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel