-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Gubernur Jatim Terkejut dengan Penampilan Defile Kontingen Lumajang

Lumajang ,  lintasone.com – Gubernur Jawa Timu, Khofifah Indar Parawansa, membuka Acara pekan Olah Raga Provinsi ( Porprov ) Jawa Timur ( Jatim ) ke VII Tahun 2022 , bertempat di Stadion Jember Sport Garden (JSG), Sabtu ( 25/06/2022 )

Gubernur Khofifah Indar Parawansa terkejut dengan penampilan defile kontingen Kabupaten Lumajang yang dipimpin langsung oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq atau yang biasa dikenal dengan sapaan Cak Thoriq.

“Secara khusus saya juga ingin memberikan apresiasi kepada Bupati Lumajang. Kalau tadi ada defile, maka yang paling unik adalah kontingen Kabupaten Lumajang. Ada kuda atraksi di depan tribun,” kata Khofifah disambut tepuk tangan hadirin.

Bukan kebetulan, jika kuda asli dibawa dalam defile Kabupaten Lumajang oleh Cak Thoriq, karena maskot Lumajang sebagai tuan rumah Porprov Jatim VII adalah seekor kuda bernama Si Rancak, yang merupakan akronim Bahasa Jawa dari Jaran Kencak. Jika diterjemahkan bebas ke dalam Bahasa Indonesia, jaran kencak berarti kuda yang lincah.

“Jaran kencak adalah seni tradisi sekaligus budaya yang hak cipta budayanya diberikan ke Kabupaten Lumajang oleh Kementerian Hukum dan HAM. Jaran kencak di Lumajang tak sekadar soal budaya dan tradisi, tapi juga income ekonomi. Jadi nyambung antara di satu sisi budaya dengan ekonomi masyarakat,” ujar Cak Thoriq.

Untuk diketahui, Porprov Jatim 2022, digelar selama 9 hari mulai tanggal 25 Juni 2022 hingga 3 Juli 2022, dan yang menjadi tuan rumah event ini yaitu Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Lumajang. Kabupaten Jember menjadi tuan rumah untuk 20 cabang olahraga sekaligus tuan rumah pembukaan atau opening ceremony.

Kemudian, Kabupaten Situbondo, menjadi tuan rumah untuk 13 cabang olaharaga, Kabupaten Bondowoso menjadi tuan rumah untuk 7 cabang olahraga. Kemudian Kabupaten Lumajang, menjadi tuan rumah untuk 15 cabang olahraga, sekaligus sebagai tuan rumah penutupan atau closing ceremony yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2022 di Stadion Semeru Lumajang.

Sebanyak 54 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan, terbagi dalam 737 nomor pertandingan, dengan jumlah peserta sebanyak 14.486 orang, terdiri dari 10.151 atlet, 3.512 official cabor, dan 823 official kontingen, yang akan memperebutkan 5.183 keping medali, baik untuk medali emas, perak, maupun medali perunggu.

Reporter : Atman.

0 Response to "Gubernur Jatim Terkejut dengan Penampilan Defile Kontingen Lumajang"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel