-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Petani Tembakau Lumajang Tersenyum Nikmati Kenaikan Harga, Sulit Atasi Penyakit Lengger

Lumajang,  www.lintasone.com - Ditengah cuaca yang tidak menentu, petani tembakau di Desa Yosowilangun Kidul Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Optimnis akan mendapat hasil panen tembakau berkualitas bagus dan terjual dengan harga cukup lumayan naik, seorang petani asal Dusun Kebonsari Desa Yosowilangun kidul.”Jumantak berharap, dengan kenaikan tembakau saat ini tetap bertahan.

Berdasarkan pengalaman ditahun tahun sebelumnya harga tembakau menurun dan untuk tahun ini ada peningkatan dan kenaikan harga tetapi yang menjadi keluhan petani sendiri adalah pupuk kadang langkah dan sulit di dapat, serta penyakit yang namanya Lengger/Layu itu susah diatasi sampai saat ini masih belum bisa cara bagaimana  untuk bisa mengatasi penyakit tersebut,”tuturnya.

Tak hanya Jumantak, petani lainnya sebut saja Sukana juga mengatakan, sampai saat ini hujan masih mengguyur, padahal harapan petani pada saat memasuki bulan Oktober seperti ini mulai panas, dan intensitas hujan mulai sedikit, namun ternyata sebaliknya,”ucapnya sambil tertawa sinis.

“Harapan petani, kuwalitas tembakau bisa semakin baik, sehingga harga jual tembakau bisa terdongkrak, setelah dalam kurun waktu dua tahun telakhir harga jual tembakau terpuruk.

Lanjut Jumantak, dia juga berharap pemerintah bisa membantu memberikan solusi bagaimana petani bisa mengatasi kekurangan yang ada, contoh penyakit daun yang namanya Lengger sampai sejauh ini masih belum ada temuan obat untuk mengatasi,”ucapnya.

Menurutnya, harga memang naik sebelumnya per kg, 47,000 naik menjadi 50,000 tetapi jika kualitas tembakau rusak lalu hasil dari mana mas!! sedangkan harga pupuk saja mahal, Nah ini yang menjadi keluhan bagi petani tembakau disini,”jelasnya.

Sementara Kepala Bidang perkebunan Mami Woroarijati,SP,MP ketika dikonfirmasi melalui selulernya mengatakan,Varietas tembakau di lumajang yaitu Kasturi kemitraan dengan PT. IDS, White Burley kemitraan dengan PT. AOI dan tembakau lokal lumajang untuk memenuhi permintaan pasar. Tembakau lokal di kab lumajang ada beberapa varietas yaitu janiman, menyono, rejeb, lokal mojo, dan lain sebagainya.

Menurut-nya di lumajang ini masih kondusif dari pada di daerah lainya sangat menurun sekali, maka untuk itu bagi petani sendiri harus berlanjut jangan berputus asa karena prospek ekonomi tembakau sangat baik. DKPP sudah membantu pupuk NPK. dan akan diupayakan tetap dilakukan untuk membantu petani tembakau yang ada di Kabupaten Lumajang,”jelasnya singkat.rabu 13/10/2022

Reporter: Atman.

1 Response to "Petani Tembakau Lumajang Tersenyum Nikmati Kenaikan Harga, Sulit Atasi Penyakit Lengger "

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel