-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Pamsimas di Desa Sumberjati Mendapat 105 SR

Reporter : Suatman
Editor      : Niki
Lumajang ,  www.lintasone.com  - Sebentar lagi Pembangunan pamsimas penyediaan air bersih pemberdayaan masyarakat di Desa Sumberjati, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang selesai. Dan sudah siap untuk diserahterimakan.

Sebagaimana diketahui, program pemberdayaan masyarakat yang dibangun dengan kolaborasi anggaran APBN/APBN di Kabupaten Lumajang tahun 2022 ini, sebanyak 8 desa telah melaksanakan program tersebut. Salah satunya adalah di Desa Sumberjati Kecamatan Tempeh. 

Kepala Desa Sumberjati, Gendut menyampaikan, dengan program pamsimas ini kebutuhan air minum di desanya secara bertahap dapat terpenuhi.

"Untuk tahun ini Pamsimas di Desa Sumberjati mendapat 105 SR. Dan pengerjaannya sudah hampir selesai/rampung, tinggal pengerjaan finishing saja," kata Gendut ditemui media di ruang kerjanya, Jum'at (18/11/2022).

Dia berharap agar  masyarakat dapat memelihara aset program pamsimas dengan tetap melalui cara musyawarah.

"Kami mengajak masyarakat untuk bersama sama menjaga keamanan di lingkungan masing. Merawat dan memelihara semua kebutuhan yang sudah ada, itu kan milik mereka sendiri," ujarnya.

Gendut menambahkan, bahwa proyek pamsimas ini adalah upaya pemerintah desa dalam memenuhi akses air minum dan sanitasi bagi warga desanya.

"Pembangunan dan penyediaan air minum dan sanitasi ini untuk mewujudkan terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat desa Sumberjati," tuturnya kemudian.

Sebelum pemasangan sambungan rumah (SR) dari program Pamsimas di Desa Sumberjati ini dilaksanakan, pemerintahan desa dalam hal ini Kepala Desa (Kades) terlebih dulu melakukan sosialisasikan.

Dihubungi terpisah, Muslimin salah satu warga menyampaikan rasa syukur dengan selesainya pekerjaan Pamsimas tersebut.

"Alkhamdulillah pamsimas di desa kami lancar. Untuk selanjutnya tinggal dipelihara dengan baik, sehingga sarana yang sudah dibangun dengan susah payah dapat terus memberikan manfaat yang maksimal kepada masyarakat penerima manfaat," ujar Muslimin.

Hal senada disampaikan warga lainnya. Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan pendanaan melalui program Pamsimas ini.

"Alkhamdulillah kami sangat terbantu adanya program ini. Oleh karenanya, kami  bersama sama warga lain berkomitmen menjaga sanitasi yang ada," ujar dia tanpa mau disebutkan namanya.

Untuk selanjutnya, kata dia, masyarakat Desa Sumberjati, tinggal membentuk pengelola sarana air minum dari hasil kegiatan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau Pamsimas ini, ujarnya.

Muhamad soleh selaku ketua pokmas sumberjati menyampaikan bahwa kegiatan ini bersumber pada APBN dan dikerjakan di dusun krajan tengah rt 9 dan 10, untuk pengerjaan sudah hampir selesai tinggal finishing saja. 

Saat dikonfirmasi awak media kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi warganya dan kegiatan air bersih ini sebenarnya untuk melanjutkan program yang sudah ada.

0 Response to "Pamsimas di Desa Sumberjati Mendapat 105 SR"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel