-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Kisruh Jual Beli Lahan, LSM Suara Abdi Bangsa Survey Lokasi

Bengkayang, www. lintasone.com -
Menanggapi penyampaian masyarakat, terkait kisruh jual beli lahan yang  di sinyalir ada dugaan saling klaim kepemilikan ,

Team invistigasi  LSM suara abdi bangsa  provinsi Kalbar , langsung survey lokasi, (Bengkayang, medio januari 2023).

Betapa kagetnya, ternyata di kawasan yang di maksud  di temukan Patok balok kayu dan plat bertulisan " HUTAN PRODUKSI TETAP  GUNUNG PAFANG SEMPANGO, GUNUNG SELEES DAN SUNGAI  BEHE" Sebagai penanda  kawasan Hutan produksi  tetap. Lahan sudah di tanami sawit.

Saat  di minta kererangan kepada salah seorang warga yang tidak mau di sebut namanya, "bahwa  lahan ini  di  jual  oleh masyarakat kepada pengusaha  toko obat  bernama adzan, ya kita di bayar 7 juta rupiah, dan luasan seingat saya itu sekitar 60 an hektare,, kita tidak tau tentang  tujuan awal pembelian, dan kami tidak ngerti, tak lama kemudian di lakukan pengusuran mengunakan alat Berat, "jelas nya.

Untuk memastikan segala sesuatu, kita cros cek  di berbagai Instansi:

Martinus pones, kadis PU dan Tata ruang kabupaten Bengkayang saat di temui di ruang kerjanya, mengatakan.  "Tidak akan merekomendasikan  penanaman sawit skala menengah maupun besar  di areal Hutan produksi, hutan Lindung dan areal pertanian pangan , kita tidak akan merekomendasikan  praktek alih  fungsi lahan, "ujarnya.
Hal senada di sampaikan DR. Yulianus  selaku kadis Pertanian, perikanan, hotikutura , saya tidak akan memberikan rekomendasi persetujuan, "ucap yulianus.

Di tempat terpisah, kepala BPN Kabupaten Bengkayang, Ricat, mengatakan  tidak akan main- main untuk penerbitan HGU, "paparnya.

Kepala kantor KPH  Bengkayag , Arifin  saat di konfirmasi melalui pesan WhatsApp  menyarankan, "Laporkan saja Di GAKUM KLH Propinsi kalbar, karena kewenangan penyidikan ada di Gakum, kami  sifatnya  penugasan terbatas, "Tegas Arifin.
 
Untuk  memastikan hal di atas , kita  lakukan konfirmasi ke Vicky, SH salah satu yang mengaku sebagai kuasa hukum  bapaknya ,  saat  bertemu di warung  segar kota bengkayang,  dan membenarkan  hal yang di maksud , bahwa benar  lahan yang ada di Desa Suka bangun itu adalah punya keluarga kami, kami beli ke masyarakat  dan setelah itu kami urus ke desa, terkait surat keterangan tanah,  dan kesimpulan dari proses berkebun , kami rasanya tidak masalah, "kata Vicky,

Masih Vicky, "Trus apa yang salah, kita akan persiapkan dan cari dokumen dokumen kita  hal di maksud di pertegas di saksikan oleh  sdr Idas  bapak angkat vicky, di saksikan  Anggu,  pendi dan dan awak media .
"Kita  akan akomodir usulan  masyarakat dan setelah di minta peryataan penutup pada pukul .16.00, di hari senin tanggal 09 Januari 2023,  melalui telpon ,
Justru vicky menantang para LSM dan awak media, Dengan berujar melalui telpon ," apa yang akan kalian permasalahkan, kami siap, teman saya banyak Penyidik di kepolisian, lalu telp ditutup.

Harapan  kita kepada semua stake holder, KLHK, Gakum, KPH, Polri, Pemda bengkayang , BPN, agar  menindaklanjuti  penomena ini, sebelum bumi Bengkayang di  kuasai tidak  sesuai prosedur, ini mengancam ketatausahaan kelestarian Hutan, Dan perlu  penegakan hukum  tanpa pandang bulu, Di kwatirkan dugaan ada  praktek  mafia tanah dan dugaan Money laundry  mengunakan  berbagai   cara dan pembodohan, Siapa yang bertanggungjawab, "tuturnya.

Reporter : Jemi indrawan.

0 Response to "Kisruh Jual Beli Lahan, LSM Suara Abdi Bangsa Survey Lokasi"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel