-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

FOJIN Lumajang Peringati HPN Secara Sederhana

Lumajang, www.lintasone.com -  Forum jurnalis independen nasional Lumajang peringatan hari Pers tahun 2023 dilakukan secara sederhana dan dihadiri sahabat media dan warga RT 4 RW 001 Kelurahan Ditotrunan, Kamis (9/2/2023. 

Dalam acara ini sejumlah jurnalis berkumpul  membangun kebersamaan mempererat tali persahabatan antar kelompok media. Dalam kesempatan  tersebut komunitas Forum Jurnalis Independen Nasional Lumajang (F-Jinlu) berkomitmen menjaga marwah jurnalisme di tengah serbuan buzzer.

Ketua F-Jinlu, Misdi SH MH menyampaikan bahwa komunitas ini menyadari jika kemunculan media sosial telah merombak sistem komunikasi publik yang semula satu arah menjadi lebih interaktif. 

"Tentunya kita menyadari, bisa saja media sosial dimanfaatkan untuk memuluskan agenda lain. Salah satunya dengan menggiring opini publik dengan menggunakan jasa buzzer," ucap Misdi dalam sambutannya.

Dia menjelaskan bagaimana praktik buzzer yang dapat mempengaruhi opini publik. Menurut dirinya, perbedaan antara buzzer dengan para pelaku media sosial lain dapat dilihat dari tujuannya.

"Misal, kalau tujuan pesannya untuk menyebarkan keraguan, tipu daya, dan menutup kritik itu jelas merupakan propagandis. Namun kecenderungan masyarakat lebih sering menyebutnya sebagai buzzer ketimbang propagandis," ungkap Misdi.

Oleh karenanya ia mengajak seluruh anggotanya yang ada di F-Jinlu untuk tetap menjaga prinsip jurnalisme yang sudah ditegakkan.

"Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada teman teman F-Jinlu dan juga sahabat media yang sempat hadir dalam penyelenggaraan HPN 2023 dengan tema: Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat, meskipun dalam gelaran yang sangat sederhana sekali," paparnya kemudian.

Selain dalam rangka memperingati hari pers nasional (HPN 2023), tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk membangun komunikasi antar sesama waratawan yang ada di Kabupaten Lumajang. Hal ini disampaikan penasihat F-Jinlu, Prio Suwoko.

"Meskipun HPN tahun ini kita peringati dengan sangat sederhana, tetapi kita berharap tidak mengurangi rasa persahabatan kita antar sesama media. Kita tetap kompak dan saling menghormati," ujar Prio Suwoko yang dikenal sebagai senior media.

Prio berpesan, sebagai media tidak hanya menginformasikan hal hal yang buruk saja, namun media juga dituntut untuk  memberikan edukasi kepada publik.

"Pada kesempatan ini saya juga berpesan kepada para pegiat media agar selalu berhati-hati dalam mengonsumsi dan memproduksi berita," imbuh Prio Suwoko.

Sementara, Subowo, tamu dari sahabat media yang sempat hadir pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat atas di laksanakannya HPN oleh F-Jinlu. Ia mengajak teman-teman wartawan untuk tetap bersinergi.

"Saya ucapkan selamat atas terlaksananya HPN yang diselenggarakan teman teman F-Jinlu. Saya ucapkan terima kasih atas undangan ini. Saya senang sekali bisa berkumpul seperti ini. Saya faham profesi teman-tekan semua, dan saya juga menyadari kebebasan berpendapat pers sebagai pilar demokrasi. Oleh karena itu, hak kebebasan pers harus terus dijaga dan diperjuangkan," kata Subowo menyampaikan kesan.

Subowo mengakui jika peran penting pers termasuk menjaga demokrasi di Indonesia, dengan penuh bertanggung jawab dan aktif mengedukasi masyarakat. 

"Namun maaf ya, hak kebebasan pers yang harus terus dijaga dan diperjuangkan itu mbok yo jangan berlebihan lah. Saya tahu kalau tadi ada yang mengatakan teman-teman wartawan ini biasanya meler-meler, menurut saya ndak kok," kata Subowo bernada gurau, dan disambut gerrr oleh komunitas wartawan yang ada.

"Saya juga pernah punya teman yang dulunya meler, tapi saat ini teman itu nyatanya sekarang menjadi orang sukses di Banyuwangi," ungkap Subowo sedikit berbangga.

Menjelang sholat ashar, acara HPN 2023 F-Jinlu ditutup dengan pembacaan doa penuh hikmah dan barokah, dilanjutkan dengan acara makan bersama dengan menu jangan kelor dan sambel penyet tempe bumbu kacang.
[9/2 18.24] Suatman: Menu kelor sengaja dipilih dalam acara ini untuk sekedar dijadikan salah satu upaya mengenalkan manfaat daun kelor yang banyak di tanam masyarakat di Kabupaten Lumajang. 

Mokhamad Eko Santoso selaku ketua panitia HPN tahun 2023, memang dilakukan secara sederhana akan tetapi tetap penuh berkesan khususnya bila bersama awak media Lumajang.

Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan awal, karena bulan ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan seperti memberikan bantuan beras untuk warga miskin dan ibu lansia,

" Terimakasih kasih atas kedatangan rekan rekan media, dan sahabat media Fjinlu yang selalu mendukung berbagai kegiatan dalam rangka HPN tahun 2023 dan sukses untuk para awak media yang selalu memberikan berita yang tegas, terkini dan terpercaya. Doakan semoga pelaksanaan semua bisa berjalan dengan lancar dan aman," tuturnya.

Reporter : Atman.

0 Response to "FOJIN Lumajang Peringati HPN Secara Sederhana"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel