-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

FAI Unissula menggelar lokakarya imsyakiyah 1444 H

WhatsApp Image 2023-03-03 at 09.40.40

Semarang, lintasone.com - Fakultas Agama Islam (FAI) Unissula menggelar lokakarya imsyakiyah 1444 H. Acara diadakan di Gedung FAI lantai III (2/3/2023). Hadir sebagai narasumber dua dosen FAI Unissula yaitu Dr Choirun Nizar SHI SHum MHI dan Drs KH Slamet Hambali MSI. Slamet Hambali juga merupakan pakar Falak Indonesia.

Dekan FAI Unissula Drs Muhtar Arifin Sholeh MLib menyampaikan pentingnya ilmu pengatahuan. “Jadilah orang yang mencari ilmu, atau mengajarkan ilmu atau yang mendengarkan ilmu atau cinta ilmu. Jangan jadi yang terkahir jadi orang yang hancur karena hidup tanpa ilmu”, ungkapnya.

Masih menurut Muhtar Arifin astronomi merupakan ilmu yang tidak semua orang mempelajarinya, untuk itu ambilah ilmu sebaik baiknya dari orang yang menguasai bidang tersebut.

Sementara itu Choirun Nizar menyampaikan sampai saat ini di Indonesia belum ada kalender Hijriyah bersama, karena itu muncul perbedaan disetiap penentuan awal bulan. Sama sama menggunakan hisab dan rukyat namun ada beda pandangan rukyat.

Dikatakannya lagi untuk rukyat masih berpendapat rukyatul fikli yakni melihat secara langsung walaupun ditengah teknologi yang canggih. Kriteria imkanul rukyah untuk melihat hilal juga masih menjadi perbedaan. Potensi yang menjadi perbedaan adalah jika posisi hilal antara ufuk hilal dengan imkanul rukyah.

Kabiro Jateng: Andreas Sutikno.

0 Response to "FAI Unissula menggelar lokakarya imsyakiyah 1444 H"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel