-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Sambut Ramadhan, Meneladani Semangat Nabi Muhammad SAW

IMG_696csdf4

Semarang, lintasone.com - Marilah kita menyambut bulan ini dengan penuh sukacita dan memanfaatkannya lebih banyak dengan amalan-amalan ibadah termasuk mudarosah dan murojaah yaitu mereview hafalan surat Al Qur’an, serta  dengan amalan-amalan saleh atau kebaikan yang lain. Diriwayatkan dari Sahabat Abdullah Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma ia berkata,  Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam adalah manusia yang paling bersemangat untuk melakukan kebaikan di sepanjang waktu di sepanjang bulan. Namun, saat-saat lebih dan paling bersemangat baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam berbuat baik adalah pada saat bulan Ramadhan dari awal hingga selesai.

Ketika Malaikat Jibril datang baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam melakukan pengulangan hafalan Al Qur’annya dari awal bulan suci Ramadan datang hingga selesai. Dari awal ayat dan surat pertama kali diterima Baginda Nabi hingga yang terakhir di murojaah setiap hari setiap malam ketika berjumpa dengan Malaikat Jibril.  Saat-saat bertemu dengan Malaikat Jibril itulah Baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam menunjukkan ketauladannya untuk para sahabat dan untuk umatnya, yaitu memperbanyak amalan-amalan kebaikan lebih banyak dan lebih cepat daripada angin yang berhembus. Ilustrasi ini menggambarkan bagaimana Baginda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam sangat bersemangat dalam melakukan amalan saleh khususnya terhadap Al Qur’anul Karim.

Yang kedua, seluruh Sahabat hampir merasakan manfaat dari amal saleh baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam khususnya pada bulan suci Ramadhan.  Bulan suci Ramadhan adalah momen yang sangat istimewa bagi kita untuk mereview bagaimana cara kita berinteraksi dengan Al Qur’an dan tentunya juga bagaimana kita belajar dan mengajar. Selama ini pada bulan suci Ramadan adalah saat-saat bagaimana kita dapat mencontoh Baginda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam. Bukan semakin malas atau bosan dengan belajar mengajar justru semakin bersemangat dengan amalan-amalan kebaikan yang lainnya.

Disampaikan oleh: Dr Sugeng Hariyadi Lc MA (Kepala Qur’an Learning Center Unissula) Selasa, 28 Maret 2023.

Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.

0 Response to "Sambut Ramadhan, Meneladani Semangat Nabi Muhammad SAW "

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel