-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Persiapan Menyambut Hari Raya Kurban Yang Jatuh Pada 10 Juli 2023 Pasar Hewan Kabupaten Malang Jatim Di Penuhi Pengunjung

Malang www.lintasone.com

"Umat ​​Muslim sedunia akan memasuki persiapan menyambut Hari Raya kurban yang jatuh pada 10 Juli 2023 ini

Hari Raya Idul Adha ini identik dengan penyembelihan hewan qurban yang berlangsung pada saat usai Shalat Id.

Ini momentum Idul Adha. Maka penyembelihan hewan kurban tidak bisa dilakukan secara sembarangan.


Ada tata cara tersendiri dan doa menyembelih hewan kurban yang dibacakan sebelum penyembelihan.

Seperti disiarkan di situs resmi Muhammadiyah, berikut merupakan doa dan tata cara menyembelih hewan kurban,

إِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنْ الْمُشْرِكِينَ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ عَنْ مُحَمَّدٍ وَأُمَّتِهِ


Artinya: “Sesungguhnya aku telah menyerahkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan tulus ikhlas dan menyerahkan diri dan aku bukanlah golongan orang-orang musyrik.Sesungguhnya shalatku, pengabdianku, kehidupan dan matiku adalah untuk Allah Dzat yang menguasai alam semesta. bagi-Nya, dan demikian aku dianjurkan dan aku termasuk orang-orang muslim. Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, ya Allah (kurban ini) dari-Mu dan untukMu dan dari ....(sebutkan nama shahibul kurban)," (HR.Abu Dawud).

Dalam Tata Cara Menyembelih Korban

1. Menggunakan alat penyembelihan yang tajam. Hal ini diriwayatkan oleh Syaddad ibn Aus RA dari Rasulullah SAW, beliau pernah merindukan:

"Ada dua hal yang selalu aku jaga yang berasal dari Rasulullah saw. Rasulullah SAW merindukan: "Allah meminta untuk berbuat baik kepada segala sesuatu. Apabila kamu membunuh, maka baguskanlah cara dan keadaan dalam membunuh, dan apabila kamu menyembelih, maka baguskanlah penyembelihannya, dan hendaklah menajamkan pisaunya, dan menenangkan hewan sembelihannya," (HR Muslim). 2. Hewan kurban berhadapan dengan arah
kiblat

“Sesungguhnya aku telah menyerahkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan tulus ikhlas dan menyerahkan diri dan aku bukanlah golongan orang-orang musyrik. Sesungguhnya shalatku, pengabdianku, kehidupan dan matiku adalah untuk Allah Dzat yang menguasai alam semesta. Tidak ada sekutu bagi- Nya, dan demikianlah aku disarankan dan aku termasuk orang-orang muslim. Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, ya Allah (kurban ini) dari-Mu dan untukMu dan dari Muhammad dan umatnya. Bismillahi Allahu Akbar. Kemudian beliau menyembelihnya," ( HR Abu Dawud).


3. Setelah menghadapkan hewan kurban ke arah kiblat, membaca doa menyembelih hewan kurban sebagai berikut: إِنِّي

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَر ْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنْ الْمُشْرِكِينَ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِ لَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ عَنْ مُحَمَّ دٍ وَأُمَّتِهِ

Artinya: “Sesungguhhnya aku telah menyerahkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan tulus ikhlas dan menyerahkan diri dan aku bukanlah golongan orang-orang musyrik.Sesungguhnya shalatku, pengabdianku, kehidupan dan matiku adalah untuk Allah Dzat yang menguasai alam semesta. bagi-Nya, dan demikian aku dianjurkan dan aku termasuk orang-orang muslim. Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, ya Allah (kurban ini) dari-Mu dan untukMu dan dari ....(sebutkan nama shahibul kurban)," (HR Abu Dawud).

4. Kemudian, sembelihlah hewan kurban dengan cara memotong tenggorokan dan dua urat nadinya yang ada di leher.

Hari raya Idul Adha merupakan hari besar bagi umat Islam. Makanya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban.

Tahun ini, Idul Adha di Indonesia jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Penetapan ini sesuai dengan keputusan pemerintah melalui sidang isbat. Namun, ada juga yang merayakannya pada hari ini, Sabtu (9/7/2022) seperti warga Muhammadiyah.

Orang yang menyembelih hewan kurban diutamakan yang melakukan kurban sendiri atau shahibul kurban. Hal ini sebagaimana dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Tetapi, apabila shahibul kurban berhalangan dan tidak dapat menyembelih sendiri, penyembelihan hewan kurban boleh diwakilkan oleh orang lain. 

Reporter : Her / Yus


0 Response to "Persiapan Menyambut Hari Raya Kurban Yang Jatuh Pada 10 Juli 2023 Pasar Hewan Kabupaten Malang Jatim Di Penuhi Pengunjung "

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel