-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Kapolres Lumajang Maksimalkan Upaya Peningkatan Kemampuan Petugas Satkamling

Lumajang,  www.lintasone.com - Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang, SH, SIK, MH pimpin langsung apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) di Halaman Mapolres Lumajang, Rabu (21/6/2023).

Dalam sambutan, Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang menyampaikan, apel kasat kamling ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat Revitalisasi Satkamling. 

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa', ujarnya. 

Boy menjelaskan,  kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia. 

“Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling," Jelasnya.

Satkamling garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif. 

“Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal," tuturnya.

Polri juga akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan para Awak Satkamling melalui pelatihan, antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat. 

"Siskamling adalah bentuk pengamanan swakarsa juga telah di atur dalam pasal 3 ayat 1 huruf c UU 2022 tentang polri yang menjelaskan bahwa penyelenggaraan tugas polri dibantu oleh kepolisian khusus dalam bentuk pengamanan swakarsa," pungkasnya.

Reporter : Atman.

0 Response to "Kapolres Lumajang Maksimalkan Upaya Peningkatan Kemampuan Petugas Satkamling"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel