-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Lumajang Menggelar Kegiatan Active Scan Finding / ASF TBC

Lumajang ,  www.lintasone.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lumajang menggelar kegiatan penting dalam upaya menjaga kesehatan dan kesejahteraan warga binaan. Dalam kerjasama yang erat dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Lapas Lumajang melaksanakan kegiatan Active Scan Finding/ASF TBC (Tuberkulosis) bagi para warga binaan.

Kegiatan ini dilaksanakan Pada Selasa 18/09 sd Hari ini Jum’at 22/ 09 pukul 08.00 – 11.30 WIB kegiatan Skrining TBC ini dengan jumlah 718 orang WBP Lapas Kelas IIB Lumajang dengan Skrining Chest X-ray (CXR).

Kegiatan yang merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada yang bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi / rentan terhadap penularan / penyebaran di dalam komunitas khususnya Lapas / Rutan.

Kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari komitmen Lapas Lumajang dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal dan meningkatkan kualitas hidup para warga binaan. Pemeriksaan aktif untuk mendeteksi TBC merupakan langkah penting dalam pencegahan dan pengendalian penyakit tersebut di kalangan warga binaan.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan “Active Scan Finding TBC” melibatkan tim medis dari berbagai instansi yang bekerja sama secara sinergis. Para warga binaan menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, termasuk pemeriksaan dahak dan penilaian klinis guna mendeteksi potensi infeksi TBC.

Edi Sigjt Budiman Kepala Lapas Lumajang menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari upaya preventif dan promotif dalam menjaga kesehatan para warga binaan. Ia juga mengapresiasi kerjasama yang kuat antara berbagai lembaga dan instansi dalam melaksanakan kegiatan ini.

Tim medis yang terlibat dalam kegiatan tersebut memberikan penyuluhan dan edukasi kepada warga binaan tentang pentingnya deteksi dini dan upaya pencegahan TBC. Para warga binaan juga diberikan informasi tentang langkah-langkah untuk menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan.

Kegiatan “Active Scan Finding TBC” ini merupakan contoh nyata dari peran aktif Lapas Lumajang dalam mendukung program-program kesehatan nasional. Melalui kerjasama lintas instansi, Lapas Baubau berkomitmen untuk melindungi kesehatan warga binaannya serta memberikan dampak positif bagi upaya pengendalian dan pencegahan penyakit TBC di wilayah tersebut.

Reporter : Atman.

0 Response to "Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Lumajang Menggelar Kegiatan Active Scan Finding / ASF TBC"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel