-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

PKM Unissula Membuat Terobosan Baru di Bidang Parenting

(16) Parenting

Semarang, lintasone.com - Tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Unissula membuat terobosan baru di bidang parenting. Tim berhasil memadukan filsafat stoicisme dengan pendidikan emotional intelligence pada siswa di SD Negeri Pandean Lamper 2 Semarang

Tim terdiri dari Setyo Wuri Kartika Nugraheni (prodi PGSD), Ananda Feri Setyawan (Teknik Informatika), Tika Roudotul Jannah (Ilmu Keperawatan), Muhamad Maulana Ferdiansyah  (Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia), dan Nabila Rachmawati Setianingsih (Psikologi). Mereka dipandu dosen pembimbing Dr Rida Fironika Kusumadewi SPd MPd.

Dini Ayu Kristanti SPd salah satu guru di SDN tersebut mengatakan bahwa siswa yang tidak diajarkan mengungkapkan perasaan akan cenderung sering berteriak, memukul, menendang, dan menjerit ketika marah. Mereka melakukannya karena tidak tahu bagaimana mengekspresikan kemarahan secara verbal, sedangkan anak yang diajarkan dengan tiga indikator tersebut selalu terlihat gembira dan memiliki rasa sosial tinggi. Hal ini menunjukan bahwa sebagian siswa SDN tersebut memiliki Emotional Intelligence yang masih belum cukup jika dibandingkan dengan perkembangan seusianya dikarenakan kurangnya parenting yang dilakukan oleh orang tua di rumah.

Adapun kegiatan yang dilakukan yakni parenting stoikisme melalui game interactive ,CPR (Child and Parents Relationship), EMT (Emotional Management Training), dan ECT (Effective Communication Training).

Beberapa orang tua siswa menyampaikan terimakasih kepada tim mahasiswa, setelah kegiatan ini anak mereka lebih terbuka berkomunikasi dengan orang tua, semangat belajar meningkat dan kemampuan anak dalam mengelola emosi lebih baik dari sebelumnya. Kepala Sekolah SD Negeri Pandean Lamper 02 Semarang turut senang atas kontribusi tim mahasiswa unissula dalam meningkatkan emotional intelligence sehingga kegiatan belajar mengajar di SD terasa lebih menarik dan berwarna bagi siswa didiknya.

Interactive parenting stoicisme dengan smart website dan flashcard untuk meningkatkan emotional intelligence siswa SD Negeri Pandean Lamper 2 merupakan inovasi baru yang muncul dari gagasan tim mahasiswa Unissula bagi kecerdasan anak bangsa Indonesia.

Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.

0 Response to "PKM Unissula Membuat Terobosan Baru di Bidang Parenting"

Posting Komentar

SMKN Kabupaten Pasuruan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H

Pemda Kabupaten Pasuruan Himbau Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel