-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Unissula Berhasil Menduduki Ranking ke 41

Unis

default

Semarang, lintasone.com - Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) berhasil menduduki ranking ke 41 dari ribuan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta  (PTS) di Indonesia. Hal itu dirilis oleh lembaga pemeringkatan dunia paling populer yakni Webometrics per 30 Januari  2024 ini.

Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH menyatakan pemeringkatan tersebut sebagai sebuah pengakuan dari lembaga pemeringkatan universitas di dunia yang patut dicermati. “Alhamdulillah Unissula berhasil berada di peringkat 41 nasional dan tentunya sangat membanggakan karena lembaga pemeringkatan universitas kelas dunia seperti Webometrics yang berada di Spanyol mengakui kwalitas Unissula sebagai perguruan tinggi bergengsi di Indonesia”, ungkap Prof Gunarto (31/1/2024).

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa pemeringkatan ini juga bisa menjadi referensi bagi orang tua siswa dan juga bagi calon mahasiswa baru dalam menentukan pilihan untuk kuliah.

Webometrics merupakan lembaga riset pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang dikembangkan oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang berbasis di Spanyol di dalam Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC). Tujuan utama dari Webometrics adalah untuk mengevaluasi kinerja universitas dan perguruan tinggi berdasarkan keberadaan dan kinerja mereka secara online.

Metode Pemeringkatan yang digunakan berfokus pada data online yang tersedia, seperti halaman web resmi universitas, situs-situs akademik, publikasi ilmiah, dan kehadiran institusi di media sosial. Pendekatan ini mempertimbangkan bahwa semakin besar keberadaan dan dampak online suatu perguruan tinggi, semakin besar juga kualitas dan reputasinya.

Adapun tiga indikator yang digunakan oleh Webometrics untuk mengukur kwalitas perguruan tinggi sebagai berikut. Pertama impact rank atau visibility untuk mengukur keberadaan dan pengaruh akademik universitas berdasarkan jumlah kutipan dalam publikasi ilmiah.

Kedua, openness rank atau transparency untuk menilai tingkat keterbukaan dan transparansi universitas berdasarkan jumlah halaman web yang diindeks oleh mesin pencari.

Ketiga excellence rank yakni memperhitungkan jumlah halaman web yang menunjukkan keunggulan akademik, seperti publikasi ilmiah, penelitian, dan kolaborasi internasional.

Berikut 41 besar PTN PTS terbaik di Indonesia

UI
UGM
ITB
Universitas Brawijaya
Unair
IPB
UNS
Undip
ITS
UPI
Telkom University
USU
Universitas Binus
Universitas Andalas
Universitas Padjadjaran
Unsoed
Unnes
UMY
Unsri
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Universitas Hasanuddin
UMM
Universitas Negeri Surabaya
PEN Surabaya
Universitas Negeri Malang
Universitas Sam Ratulangi
Universitas Ageng Tritayasa
UMS
Universitas Lampung
Universitas Mataram
UNY
Universitas Halu Oleo Kendari
Universitas Riau
Universitas Gunadarma
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
UAD
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Universitas Udayana
Universitas Jember
Universitas Pendidikan Ganesha
Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Kabiro Jateng : Andreas Sutikno.




0 Response to "Unissula Berhasil Menduduki Ranking ke 41"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua dan Anggota MKKS Kabupaten Pasuruan Mengucapkan HPN 9 Februari 2014

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel