-->

LINTAS ONE

MEDIA ONLINE - WWW.LINTASONE.COM - FAKTA BERTANGGUNG JAWAB DAN PROFESIONAL - IKUTI TERUS BERITA TERBARUNYA

Program Doktor Teknik Sipil (PDTS) Fakultas Teknik Unissula, Ir Didik Purwanto Raih Gelar Doktor

WhatsApp Image 2024-06-03 at 11.54.11

Semarang, lintasone.com - Mahasiswa Program Doktor Teknik Sipil (PDTS) Fakultas Teknik Unissula, Ir A Didik Setyo Purwanto ST MT ASEAN Eng ACPE melaksanakan ujian terbuka promosi doktor pada Senin (3/6/2024). Ia berhasil mempertahankan desertasinya yang berjudul model oprit jembatan dengan struktur precast concrete-cell box untuk mengatasi penurunan diferensial.

Para penguji antara lain Dr Abdul Rochim ST MT, Prof Ir Pratikso, MST PhD, Ir Rachmat Mudiyono MT PhD, Prof Yusep Muslih Purwana ST MT PhD, Prof Dr Ir Antonius MT, Dr Henny Pratiwi Adi ST MT dan Dr Ir Soedarsono MSi.

Oprit merupakan segmen penghubung trase jalan ke jembatan, secara konvensional umumnya direncanakan dengan tanah timbunan dan dipadatkan per layer. Banyak kasus kegagalan, dimana masa layanan jembatan dan oprit berbeda dimana badan oprit lebih cepat terjadi penurunan.

Istilah penurunan oprit atau ketidakrataan (unevenness) /benjolan (bump) antara struktur pelat injak dengan ujung jembatan (back-wall), yang berakibat fatal terhadap stuktur utama jembatan.

Sedangkan bump pada oprit disebabkan oleh penurunan diferensial antara jembatan dan timbunan oprit yang berdekatan dengan ujung struktur jembatan. Penurunan elevasi oprit yang menyebabkan patahnya pelat injak pada jembatan.

Oleh karena itu ia merumuskan bagaimana rekayasa desain oprit agar tidak terjadi bump yang disebabkan oleh penurunan diferensial, pada zona 0 – 5 meter di belakang struktur abutment, peralihan antara ujung tumpuan jembatan, pelat injak dan perkerasan. Kemudian bagaimana mendesain serta mengembangkan numerical dan physical modeling, dimana pelat injak tertumpu sistem komposit dengan Metode Prototipe Model struktur PCcB.

pemuatan cepat.

Struktur PCcB yang telah ditinjau dalam penelitian dan rekayasa desain, direkomendasikan dapat dipergunakan sebagai pengganti oprit dalam mengatasi terjadinya penurunan diferensial.

Ia merupakan lulusan ke 29 dengan IPK 3,75 dengan masa studi ditempuh 3 tahun 9 bulan.(Tik).


0 Response to "Program Doktor Teknik Sipil (PDTS) Fakultas Teknik Unissula, Ir Didik Purwanto Raih Gelar Doktor"

Posting Komentar

JUAL TANAH NOL JALAN SELUAS 1595m2 BORONGAN 900JT LOKASI BANYUMAS

DPRD Kab Pasuruan Mengucapkan Memperingati Selamat Hari Lahir Pancasila

Ketua MKKS SMKN Kab Pasuruan Mengucapkan Hari Bhayangkara Ke-78

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel